Bima Arya Janji Selesaikan Kasus GKI Yasmin
Sumber: jawaban.com

Internasional / 6 March 2014

Kalangan Sendiri

Bima Arya Janji Selesaikan Kasus GKI Yasmin

Budhi Marpaung Official Writer
6818

Walikota terpilih Bogor Bima Arya Sugiarto mengungkapkan ada dua realitas mengapa kasus Gereja Kristen Indonesia (GKI) Taman Yasmin belum juga selesai hingga hari ini. Yang pertama adalah realitas hukum dan yang kedua adalah realitas sosial.    

“Tapi, masing-masing realitas itu juga kontroversial. Realitas sosial, saya banyak bertemu kalangan grass root (akar rumput, red) yang mau mati supaya gereja itu jangan dibuka. Saya pun banyak ketemu kalangan Islam moderat, kata mereka ‘takut banget, buka aja’. Saya pun banyak ketemu kalangan Kristen maupun Katolik, yang menyarankan membuka atau pindahkan saja. Jadi realitas sosial terbelah di setiap segmentasinya,” ujar Bima Arya ketika menjadi narasumber di acara Diskusi dan peluncuran buku “Menemukan Konsensus Kebangsaan Baru: Negara, Pasar, Cita-cita Keadilan” di Gedung Energy, Jakarta Selatan, Rabu (5/3/2014).

“Realitas hukum, juga. Penafsiran terhadap keputusan MA, itu ada beberapa. Kalau saya evaluasi, dari perspektif social conflict. Sepengetahuan saya, belum pernah ada dialog tripartit yang serius antara gereja, warga, pemerintah. Tidak ada yang berani memfasilitasi. Padahal itu kunci utama untuk memadukan tadi, realitas sosial-realitas hukum,” sambungnya.  

Pada prinsipnya, tutur Bima Arya, Bogor penuh dengan sejarah penghargaan terhadap keberagaman.

“Saya sendiri dibesarkan banyak institusi yang plural; S1 di Universitas Katolik, menikahi istri yang setengahnya Cina, yang waktu SD sekolahnya Budha. Mertua saya, keluarga saya masih banyak sekali yang non-muslim. Jadi buat saya itu, keberagaman bukanlah isu. Isunya itu tadi, ini hukumnya kok tafsirannya macem-macem.”  

Politisi Partai Amanat Nasional ini pun berjanji bakal mendudukan ketiga pihak yang terlibat dalam Kasus GKI Yasmin.

“Saya gak suka juga kalau dibilang jangan takut ini, jangan takut itu, gak ada lah. Kita takut pada satu aja. Kalau pun nanti ada keputusan membuka atau menutup, ya itu bukan karena takut tapi karena itu yang harus dilakukan,” pungkasnya.

Ditunggu Pak realisasi janji penyelesaian kasus GKI Yasmin-nya!

 

Baca juga :

Charles Honoris: Pemerintah Harus Berani Dukung GKI Yasmin

Join IMAGO Festival 2014  

Thread Forum : Fenomena Selfie

Setiap Kali Tertawa, Gadis Cantik ini Alami Kelumpuhan

Manusia Batiniah

Sisi Positif dan Negatif Dari Selfie

Sumber : jawaban.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami