Menteri Agama Suryadarma Ali Dianggap Anti Minoritas

Internasional / 26 January 2014

Kalangan Sendiri

Menteri Agama Suryadarma Ali Dianggap Anti Minoritas

daniel.tanamal Official Writer
3716

Wakil Direktur Setara Institute Bonar Tigor Naipospos menganggap bahwa salah satu faktor pendorong makin banyaknya peristiwa pelanggaran kebebasan beragama dan berkeyakinan tahun lalu adalah karena Menteri Agama Suryadarma Ali kerap melontarkan sikap yang antiminoritas dan antikeberagaman.

"Contohnya, Beliau menyebut umat Kristiani mendiskriminasi diri mereka sendiri. Lalu mengajak pengikut Syi'ah Sampang untuk bertaubat. Itu kan tidak mencerminkan pro kebebasan beragama," kata Bonar dalam jumpa pers laporan Monitoring Kebebasan Beragama Berkeyakinan Tahun 2013 di Cikini, Kamis (16/1/14).

Suryadarma Ali dianggap tidak layak menjadi nahkoda kementerian yang mengurusi kehidupan beragama di Indonesia yang nyata-nyata beranekaragam. "Suryadarma Ali sebagai Menteri Agama seharusnya mengayomi semua umat dari berbagai agama di Indonesia, bukan malah menambah keruh suasana," pungkas Bonar.

Setara Institute sendiri mencatat ada 222 peristiwa pelanggaran kebebasan beragama dan berkeyakinan pada 2013 lalu. Selain itu kekerasan dan diskriminasi beragama atau berkeyakinan di Tanah Air banyak dilakukan kelompok kecil keras.

 

 


Sumber : liputan6.com
Halaman :
1

Ikuti Kami