Sejumlah Gereja dan Rumah Umat Kristen di Mesir Dibakar

Internasional / 16 August 2013

Kalangan Sendiri

Sejumlah Gereja dan Rumah Umat Kristen di Mesir Dibakar

daniel.tanamal Official Writer
4598

Situasi di Mesir semakin memanas usai tragedi berdarah terjadi pada Rabu (14/8) pagi lalu antara polisi dan pengunjuk rasa pro-Mursi. Uskup Angaelos, Kepala Gereja Orthodox Koptik di Inggris mengatakan, rekannya di Mesir melaporkan bahwa 52 gereja diserang dalam 24 jam.

Seorang peneliti dari Inisiatif Mesir untuk Hak Pribadi, Ishak Ibrahim telah mengonfirmasi soal adanya serangan terhadap 30 gereja. Selain gereja, serangan juga ditujukan kepada fasilitas gereja lainnya, sekolah-sekolah, dan pusat-pusat kebudayaan. Salah satu gereja yang dibakar adalah Gereja Saint George di Sohag, sebuah kota di bagian selatan Kairo yang dekat Sungai Nil.

Meski belum jelas siapa yang bertanggung jawab atas kekerasan yang diarahkan kepada umat Kristen Ortodoks Mesir ini, namun sebanyak 84 orang, termasuk anggota Ikhwanul Muslimin, telah dirujuk ke oditur militeratas tuduhan melakukan pembunuhan dan pembakaran gereja.

Kekerasan hanya akan membuat kebencian dan dendam menjadi tumbuh berkembang. Dibutuhkan rekonsiliasi diantara sesama masyarakat untuk memulihkan diri agar kebencian ini tidak terpelihara dan melebar kemana-mana.

 

 


Sumber : EGYNews | CNN | BeritaSatu
Halaman :
1

Ikuti Kami