JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Gereja Ditutup, Menteri Agama Salahkan Umat Kristen

WEDNESDAY, 03 APRIL 2013

Total View : 15811 times

Menteri Agama, Suryadharma Ali menyalahkan umat Kristen sendiri atas penutupan beberapa gereja dan mengatakan bahwa alasan penutupan gereja tersebut adalah murni kesalahan administrasi.

Suryadharma menjelaskan diskriminasi agama tidak hanya terjadi pada umat Kristiani, namun juga umat Muslim yang berada di beberapa daerah, seperti Bali, Sulawesi Utara, dan Nusa Tenggara Timur. Dia berpendapat bahwa kelompok Muslim minoritas yang ada di wilayah tersebut juga menghadapi tantangan terkait dengan ijin mendirikan tempat ibadah. "Tetapi mereka tidak mengatakan kepada media. Mereka juga tidak protes atau beribadah di depan Istana Presiden. Syarat yang diperlukan untuk mendapatkan ijin adalah administrasi, tidak ada hubungannya dengan isu politik," imbuhnya.

Suryadharma yang juga merupakan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) termasuk ke dalam keputusan 2 Menteri mengatur bahwa pembangunan tempat ibadah semua agama di Indonesia, termasuk gereja memiliki persyaratan ketat yang bertujuan untuk mencegah keresahan sosial.

Dalam keputusan tersebut, Menteri Agama dan Menteri Perumahan dan Pemukiman menetapkan syarat pendirian tempat ibadah harus memiliki jemaat minimal 90 orang dan mendapat dukungan dari penduduk setempat minimal 60 orang yang berada di sekitar tempat ibadah. "Saya sangat kecewa dengan Suryadharma. Dia benar-benar tidak konsisten dengan isi dekrit dan tidak memiliki gagasan yang jelas," kata Pdt. Palti Panjaitan dari HKBP Filadelfia.

Bona Sigalingging dari GKI Yasmin mengatakan bahwa pernyataan Suryadharma menunjukkan bahwa pemerintah secara tidak langsung mengakui diskriminasi agama yang dilakukan kelompok mayoritas. Berdoa saja semoga polemik yang terjadi pada kelompok minoritas dapat diselesaikan dengan baik dan tidak lagi menjadi tugas panjang yang nantinya semakin berakar dan akhirnya menyulut konflik bangsa.  

Baca juga:

Pria ini Tembak Ayahnya Setelah Ibadah Paskah

SBY Dapat Telur Paskah dari Jemaat 3 Gereja Tertindas

Freddie Mercury 'Gelapkan' Putri Diana ke Bar Gay sebagai Pria

Bunker Rahasia Mussolini Terungkap

Sumber : thejakartapost/Eva

Mitra CBN

COMMENTS

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * makarona

    2014-06-22 00:59:59
    berita terbaru surya dharma ali ketahuan korupsi....... adeuuuuhhhh.....
  • * Sastrostroek

    2014-04-07 11:30:55
    Kristus telah mengalahkan maut. Tuhan tidak perlu dibela, justru Dialah Pembela Agung kita.
  • * sama_saja

    2014-01-10 18:28:56
    Dikupang NTT masjid di daerah batuplat juga dilarang untuk didirikan. coba kalian cek saudara-saudara kalian disana. jangan cuma protes.
  • * kunkun

    2013-10-28 13:21:21
    perhatikan firman Tuhan Yesus Roma 12:14 Berkatilah siapa yang menganiaya kamu, berkatilah dan jangan mengutuk!
  • * kunkun

    2013-10-28 13:17:06
    jangan mengutuk pak mentri. Karena mentri juga muslim, kalo membela non muslim maka beliau akan mendapat tekanan dr muslim yg akan mengatakan pak mentri bukan islam & dianggap murtad,krn tdk mendukung gerakan islam maju kena mundur kena. meolak lurah lenteng agung, jg begitu,masyarakat muslim dioaksa utk menolak lurah, kalo tdk dicap murtad krn tdk mendukung gerakan islam