Kardinal Keith O'Brien Akui Dirinya Lakukan Skandal Seks

Internasional / 4 March 2013

Kalangan Sendiri

Kardinal Keith O'Brien Akui Dirinya Lakukan Skandal Seks

daniel.tanamal Official Writer
2887

Mantan pemimpin Katolik Roma paling senior di Inggris, Kardinal Keith O'Brien akhirnya mengakui bahwa dirinya selama ini terlibat dalam skandal seks. Selama ini beberapa pihak telah menuding O'Brien telah melakukan hal yang tidak pantas itu, namun O'Brien selalu menyangkalnya.

Dalam pernyataannya, O’Brien yang mengundurkan diri sebagai kepala Gereja Katolik di Skotlandia, Senin (25/2) lalu,   meminta maaf kepada umat Gereja Katolik dan Skotlandia. "Awalnya, sifat (tuduhan) yang anonim dan tidak spesifik membuat saya menyangkalnya. Namun, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengakui bahwa ada saat-saat bahwa perilaku seksual saya telah berada di bawah standar yang diharapkan dari saya sebagai seorang imam, uskup agung dan kardinal," kata O’Brien.

Kardinal berusia 74 tahun itu sebelumnya membuat keputusan mengejutkan dengan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Uskup Agung St Andrews dan Edinburgh. Banyak pihak menyebut bahwa pengunduran diri itu terkait dengan skandal seks yang menerpa dirinya namun selalu disangkalnya. Beberapa sumber juga mengungkapkan bahwa Paus Benediktus XVI sempat meminta dirinya mundur akibat skandal ini.

Lingkungan Gereja Katolik selalu diguncang oleh skandal besar yang selalu membuat perselisihan wacana dan perspektif kerap timbul diantara umat sendiri. Inilah saatnya introspeksi besar wajib dilakukan umat dan pemimpin gereja untuk menyatukan hati dalam pelayanan bagi Tuhan dan sesama.

 


Sumber : kompas.com/AFP
Halaman :
1

Ikuti Kami