Gereja Bersejarah di Jakarta Utara akan Direlokasi

Internasional / 31 July 2012

Kalangan Sendiri

Gereja Bersejarah di Jakarta Utara akan Direlokasi

daniel.tanamal Official Writer
4435

Masyarakat di Jakarta Utara tentu bangga terhadap keberadaan dua rumah ibadah yang berdiri berdampingan dengan hanya dipisah satu tembok. Itulah Gereja Mahanaim dan Masjid Al-Muqarrabien di Tanjung Priok yang menjadi simbol kerukunan di Jakarta. Namun kini semuanya akan tinggal kenangan, Gereja Mahanaim akan direlokasi.

Padahal menurut ketua Jemaat Gereja, Pdt Barakatih kedua rumah ibadah tersebut hidup berdampingan secara damai dan menjadi simbol kerukunan beragama. “Gereja dan masjid ini punya nilai historis sebagai simbol kerukunan beragama. Pemerintah kota seharusnya menjadikannya sebagai cagar budaya, bukan justru menggusurnya,” katanya di Jakarta Utara, Senin (27/7/2012).

Malahan menurut Barakatih, terhadap relokasi ini, masjid telah menghubungi masyarakat Gereja Mahanaim dan menyatakan menolak rencana relokasi itu. Bahkan mengajak pihak gereja untuk memohon kepada pemerintah agar mempertimbangkan kembali keputusan pemindahan gereja bersejarah tersebut. "Mereka sempat mengajak kita untuk meminta gubernur DKI agar tidak memindahkan kita, tapi kita turut saja karena pemerintah," papar Oma.

Rencana pemerintah kota yang akan melaksanakan relokasi tersebut sendiri belum diketahui kepastiannya. Kedua rumah ibadah ini telah berdiri selama 50 tahun lebih hanya dengan dipisahkan oleh satu tembok. Dikenal sebagai simbol bersejarah yang mempersatukan masyarakat, seharusnya pemerintah kota dapat berpikir jauh kedepan untuk tidak merelokasi medium toleransi yang sesungguhnya mempunyai fungsi lebih membantu pemerintah dalam menjelaskan arti kebhinekaan kepada masyarakat.


Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami