JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

400 Tahun Alkitab Ada di Malaysia, Kata 'Allah' Masih Dipertentangkan

SATURDAY, 03 MARCH 2012

Total View : 2222 times

Kesempatan untuk menggunakan kata "Allah" di dalam Alkitab masih merupakan pergumulan bagi umat Kristen di Malaysia apalagi setelah 400 tahun Alkitab pertama kali diluncurkan di dalam bahasa Malaysia. Peringatan ini dilakukan oleh cendikiawan Kristen yang berkumpul di sebuah seminar di Seremban, kemarin (2/3).

Seminar yang diselenggarakan oleh Seminari Theoloji Malaysia (STM) dan the Bible Society of Malaysia (BSM) ini merupakan konferensi dua hari dimana salah satu pembahasannya menyangkut terjemahan Alkitab dari segi hukum, termasuk penggunaan kata Allah tersebut. Ada juga pameran Alkitab yang pertama kali dipublikasikan di Malaysia tahun 1612, dimana Kitab Matius diterjemahkan untuk pertama kalinya.

Sebenarnya, penggunaan kata Allah tersebut sudah dimenangkan oleh Gereja Katolik di dalam Pengadilan Tinggi pada 31 Desember 2009. Namun, kemudian Menteri Rumah Tangga naik banding sehingga The Herald, koran mingguan gereja ditunda sampai sekarang. Umat Kristen yang terdiri dari 9.2 persen dari keseluruhan masyarakat Malaysia yang berkisar 28,3 juta itu pun harus bersabar.

Di atas permasalahan itu semua, kita harus bisa memilah mana yang terpenting di dalam esensi kehidupan manusia. Mempertentangkan nama "Allah" jangan sampai membuat kita berselisih, bahkan lebih parah lagi sampai ada korban jiwa. Yang terpenting adalah Allah itu sendiri. Kita semua, baik umat Kristen atau umat Islam ataupun penganut agama lain hanyalah ciptaan-Nya yang harus selalu rukun.

Sumber : themalaysianinsider/lh3

Tag Keyword : malaysia, allah, alkitab

Mitra CBN

COMMENTS

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * CC

    2012-03-05 13:30:39
    AGAMA YG DIBUAT PERTAMA KALI DI MUKA BUMI INI BUKANLAH ISLAM,,JADI ISLAM ITU JUGA MENCONTEK AGAMA LAIN..CERITA ADAM DAN HAWA SDH ADA TERLEBIH DAHULU DI KITAB AGAMA KRISTEN....KOK SETELAH RIBUAN TAHUN KEMUDIAN ISLAM MUNCUL KOK ADA CERITA ADAM DAN HAWA JUGA YA? INI NAMANYA MALING TERIAK MALING WKWKWK
  • * s

    2012-03-05 13:27:39
    WON SAWON...KAMU JUGA SELAIN ALLAH SEBUT TUHAN..SEDANGKAN TUHAN ITU CIPTAAN MANA? ADA DALAM ALQURAN KALIMAT TUHAN? SEMUA NAMA YANG DIPAKAI UTK MENYEBUT SANG PENCIPTA ITU BUATAN MANUSIA..SANG PENCIPTA SENDIRI TIDAK PERNAH MEMPERMASALHKAN DIA MAU DISEBUT APA,,YG PENTING BAGAIMANA MENYEMBAH DAN PERCAYA BAHWA DIALAH SANG PENCIPTA.PERCUMA KAMU MENYEBUT KAMULAH YG BERHAK ATAS NAMA ALLAH,,TAPI KELAKUANMU BURUK DAN ALLAH SENDIRI TDK BERKENAN MENERIMAMU KETIKA DATANG DGN KATA2 KOTOR.....
  • * cool_guy

    2012-03-05 00:04:57
    yup @diana! 2 Yohanes 1:9 Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak. nah buat supaya lebih menguatkan lagi nih ayatnya Titus 1:16 Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik. n yang paling penting ayat ini 1 Yohanes 4:8 Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.
  • * irma

    2012-03-04 23:41:30
    @sawon: loe kenal nggak ama Allah loe...apa loe juga ngerti isi alquran yg loe baca tuh..jng2 tidak....ALLAH ITU ESA....so..buat loe cocoknya ngurusin koruptor2 aja di indo....tangkapin tuh koruptor2...kan loe nggak ada kerjaann..dr pd kurang kerjaan buat onar sana-sini..kasian kamunya kualat nanti
  • * sawon

    2012-03-04 18:36:20
    @cool_guy,Kesimpulannya kristen membajak nama "ALLAH" dari umat Islam. Gitu aja berbelit-belit.