JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Keunikan Umat Kristen di Pakistan

THURSDAY, 14 OCTOBER 2010

Total View : 2845 times

Sebuah bajaj berhenti di gerbang sebuah bangunan berpagar tinggi dan berarsitektur Eropa, turunlah seorang wanita setengah baya dari sana. Sepintas, baik gaya dandanan maupun bicara wanita ini sangat "Islam". Pakaiannya tertutup rapat tak ubahnya ibu-ibu pengajian di Indonesia.

Namun, dia bukan hendak ke pengajian, dia mau menghadiri misa kebaktian di Gereja St. Mary Cathedral, Multan, Pakistan. Dia berjalan ringan masuk ke halaman gedung. Sesampainya di sana, dia berkata, "Assalamualaikum," sapanya kepada kerumunan orang di dekatnya. "Walaikum salam," jawab mereka.

Meskipun begitu, "Gereja kami ini gereja Kristen Protestan," ujar Samuel Kamran, salah satu anggota jemaat gereja itu. Tak hanya wanita itu, para jemaat perempuan lain juga berpenampilan sama. Selendang berpenutup kepala, baju longgar, dan cara berdandan tak seronok, sudah menjadi kelaziman di sana.

Samuel menceritakan bahwa setiap hari Minggu, ada sekitar 500 jemaat yang mengikuti misa di gereja yang didirikan oleh legion kaveleri tentara Inggris pada 1832 itu. Bangunannya berwarna merah bata dengan menara menjulang tinggi. Dar luar terkesan megah meskipun di dalamnya tampak kurang terawat, yang ditandai dengan kusamnya perabotan dan banyaknya kursi jemaat yang rusak. "Jika ada perayaan besar, jemaat bisa mencapai ribuan orang," kata Samuel.

Di Multan, selain berdiri banyak mesjid, karena masyarakatnya mayoritas pemeluk Islam, kota tua ini juga memiliki jumlah penganut Sikh dan Hindu dalam jumlah signifikan. Banyak candi dan Gurdwaras tegak berdiri di sana. "Kami dibesarkan bersama-sama dengan kaum Kristiani, juga dengan minoritas lain, seperti Hindu dan Sikh. Tak pernah ada masalah," kata Wakil Menteri Informasi dan Penyiaran Pakistan, Mansoor Suhail.

Di kota tertua di Asia dan disebut dalam kitab Mahabarata sebagai ibu kota Kerajaan Trigarta, jumlah penganut Kristen di Kota Multan mencapai 100 ribu orang. Aliran mereka pun beragam, dengan terdapat 50 gereja. "Tak ada yang mengganggu dan kami bebas menjalankan ibadah," katanya. Alangkah indahnya, jika kerukunan hidup umat beragama di seluruh dunia, khususnya di Indonesia, dapat seperti ini.

Sumber : republika/lh3

Tag Keyword : kekristenan, pakistan, islami

Imago Planet

COMMENTS

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * lot

    2012-09-08 13:31:07
    Jangan lah melihat orang dari pembukusnya,sebab tubuhpun akan kembali ke bumi lenyap bagaikan embun.tetapi saat tubuh kita sedang sehat tidak ada salahnya kita menciptakan kedamayan dan kasih.alkitab pun menyatakan bukan engkau yg memilihku.tetapi akulah yg memilih engkau jadi pengikut ku.amin tuhan yesus memberkati.
  • * ayu

    2010-10-27 04:18:27
    Setuju sekali Muhammad Nuh, yang Tuhan Yesus minta hanyalah jadikan semua bangsa muridKu yaitu kita dan semuanya dituntut Tuhan menjadi murid Kristus entah apapun sebutannya Kristen/Christian... Mari jadikan diri kita tidak menjadi batu sandungan bagi org lain tapi biarlah hidup kita perkataan kita perbuatan kita memancarkan kasih KRISTUS supaya dunia lihat kita di dalam DIA dan DIA di dalam kita. Amin
  • * Muhammad Nuh

    2010-10-17 11:52:44
    Betul...... Yesus datang bukan bawa agama, Tuhan Allah tidak membuat agama tapi membuat hukum dan berita keselamatan.Yesus milik siapa saja terserah mau agama apa saja statusnya yg penting bertobat percaya Allah didalam Yesus dihati. ini yg terutama dulu yg lain bisa nanti, memang hidup didunia ini perlu status tapi itu dikesampingkan dulu, jika kita berkata Yesus hanya milik org kristen itu salah besar tunjukkan ayatnya di alkitab dimana ada Yesus berkata/menyuruh umatnya menjadi kristen?? saya berikan jantung saya utk anda jika ada, yg betul satu2nya keselamatan hanya didalam Yesus.itu benar, jadi promosikan kasih Yesus dan keselamatannya kepada isi semesta alam.shalomm
  • * ruth

    2010-10-15 10:20:09
    @Ronald : berita ini tdk menyudutkan umat nasrani,pakaina apa saja bebas,jgn disamaakan dong dgn pola pikir org indonesia
  • * God is Great

    2010-10-15 07:47:25
    @Muhammad Nuh : luar biasa brother... Yesus datang emang bukan mau membuat suatu agama baru. Dia datang untuk semua umat manusia. Dia mau mengajarkan kasih dan keselamatan yang sejati. Thx God, Muhammad udah mau trima Yesus. Jadi berkat, terus bercahaya... Haleluya.. (nb : ga usah ganti nama ya muhammad.. asik tetep gitu)