9 Kebiasaan Orang Indonesia yang Bisa Bikin Kaya (1/2)

Entrepreneurship / 1 August 2014

Kalangan Sendiri

9 Kebiasaan Orang Indonesia yang Bisa Bikin Kaya (1/2)

Lois Official Writer
6882

Tidak perlu jauh-jauh untuk mengambil contoh bagaimana bisa menjadi kaya ataupun mempunyai penghasilan lebih. Hal ini dapat kita lihat pada kebiasaan orang Indonesia yang sudah menjadi budaya secara turun-menurun.  Ada 9 kebiasaan yang bisa mendorong kita untuk lebih kaya, apa saja itu?

Jimpitan Sebagai Dana Darurat

Kata ‘jimpit’ berarti mengambil sesuatu yang hanya muat digenggam dengan dua jari. Kebiasaan ini berkembang di masyarakat pedesaan yang masih erat dengan budaya gotong royong. Masyarakat akan meletakkan sejimpit beras atau uang yang jumlahnya telah disepakati bersama di luar rumah untuk kemudian dikumpulkan secara kolektif. Hasil penjualan beras atau pengumpulan uang bisa dimanfaatkan saat masyarakat menghadapi situasi yang tidak terduga.

Jimpitan tidak hanya diperuntukkan sebagai dana darurat suatu masyarakat, tapi juga merekatkan keharmonisan antar anggota. Hal ini tentu membuat kita punya pegangan saat hal-hal darurat terjadi.

Arisan

Aktivitas ini masih dengan mudah kita jumpai di lingkungan sekitar. Arisan adalah kegiatan menyetor sejumlah uang yang telah ditetapkan bersama oleh sejumlah orang, kemudian diundi siapa yang akan mendapatkannya dalam satu periode tertentu, biasanya satu bulan sekali. Hal ini terus berulang sampai semua orang mendapatkan arisan.

Arisan membuat kita mendapatkan uang yang jumlahnya besar dalam waktu singkat. Hal ini juga membantu seseorang yang tak bisa menabung. Dengan ikut arisan, otomatis dia harus langsung menyisihkan uang.

Merantau

Di Indonesia, kebiasaan merantau berkembang dari etnis Minangkabau. Pria Minangkabau yang berusia 20 tahun harus keluar dari daerah asal mereka dan mencari penghidupan di daerah lain. Tradisi ini dikarenakan sistem matrilineal yang dianut masyarakat Minangkabau, sehingga kepemilikan aset lebih banyak dimiliki oleh kaum perempuan.

Kebiasaan keluar dari tempat kelahiran / dibesarkan memiliki banyak manfaat positif. Tidak hanya membuka kesempatan yang lebih luas, merantau juga membuat kita menjadi pribadi yang tangguh.

Pantang Pulang Sebelum Sukses

Idealisme ini juga datang dari adat Minangkabau. Mereka akan bertahan di daerah orang sampai benar-benar sukses. Pulang ke kampung halaman saat keberhasilan belum di tangan, tabu dilakukan. Walau terkesan angkuh dan arogan, kebiasaan ini justru meningkatkan motivasti untuk melakukan yang terbaik untuk mencapai hasil yang diinginkan, yaitu sukses. Mengasosiasikan harga diri dengan kesuksesan akan membuat semangat berkobar untuk mengejar keberhasilan.

Masuk di akal bukan? Kebiasaan-kebiasaan orang Indonesia di atas, tentu akan memotivasi kita. Tidak hanya untuk jangka pendek, namun hal-hal di atas juga bisa dilakukan sampai jangka panjang. Nantikan lima kebiasaan orang Indonesia lainnya dalam edisi berikutnya, yang akan menjadikan Anda kaya.

 

Baca juga :

Atas Segala Sesuatu

3 Sifat Anak yang Bisa Dicontoh Versi Yesus

Jangan Lagi Korek Kotoran Telinga Anda

7 Kompentisi yang Dimiliki Para Profesional di AFTA 2015

Mau Bersihkan Telinga? Gunakan Cara Ini

Jalan Hidup Steve Jobs yang Mengubah Dunia

Sumber : hipwee.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami