6 Kebiasaan Kecil Untuk Amankan Keuangan Anda

Entrepreneurship / 25 July 2014

Kalangan Sendiri

6 Kebiasaan Kecil Untuk Amankan Keuangan Anda

Lois Official Writer
4188

Rata-rata penghasilan masyarakat Indonesia saat ini sekitar Rp 3 juta per bulan, ada yang kurang ada yang lebih. Dengan uang sebesar itu, meskipun tak bisa dibilang sangat besar, sebenarnya kita dapat mengaturnya sehingga kita punya tabungan untuk masa depan, untuk keadaan darurat, ataupun pendidikan anak. Sayangnya, kita tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat membuat keuangan kita lebih baik. Karena itu, cobalah lakukan kebiasaan ini untuk memantapkan keuangan Anda yaitu :

Tabung Uang Receh Anda

Uang receh seringkali dinilai tidak ada artinya. Namun, jangan salah karena uang yang dikumpulkan bisa lama-lama jadi banyak. Menabung uang receh dapat menjadi pilihan karena tidak akan dirasa terlalu berat. Caranya yaitu Anda harus mengumpulkan uang receh yang unik. Misalnya saja, mengumpulkan setiap Rp 1000 logam. Maka, setiap kali ada kembalian Rp 1000 logam, rekam dalam memori Anda, “Ini harus dikumpulkan.” Kumpulkan di suatu tempat, misalnya di celengan. Jika sudah banyak, taruh di bank. Bisa juga Anda menetapkan harus menabung Rp 1000 setiap hari dari uang jajan. Mau tak mau, Anda akan berpikir bagaimana menyisakan uang tersebut.

Jasa Penukaran Uang Receh

Supermarket, toko-toko, atau mungkin kendaraan umum seringkali memerlukan uang receh. Anda bisa saja ‘menjual jasa penukaran uang receh’ dan meraup untung. Itu tentunya jika Anda punya koneksi.

Buat Rekening Bank yang Berbeda

Banyak orang yang mengalami kesusahan menabung karena uangnya terkumpul di satu rekening. Karena itu, buatlah satu akun baru. Kalau bisa, buatlah rekening di bank yang tidak punya biaya administrasinya. Lalu, uang receh yang Anda tabung, jika sudah banyak bisa ditabungkan ke rekening bank ini.

Hidup Tanpa Kartu Kredit

Di jaman sekarang, satu orang bisa punya minimal satu kartu kredit. Sayangnya, kartu yang bisa dipakai lebih dahulu tanpa harus ada uang ini, tidak mempermudah keuangan tapi justru seringkali memberatkan. Jika Anda termasuk orang yang tak bisa menahan diri, usahakan untuk tidak memakai kartu kredit.

Mencatat Pengeluaran Anda

Percaya atau tidak, mencatat pengeluaran dapat membuat Anda hidup hemat. Misalnya saja, Anda melihat bulan kemarin Anda belanja suatu barang yang tidak diperlukan, mestinya di bulan ini belanja itu akan dihilangkan.

Tantang Diri Anda

Kebanyakan penyebab utama seseorang belanja berlebihan adalah karena membeli barang yang tidak dibutuhkan. Keinginan mata membuat ‘kalap’ dan merasa tidak puas jika tidak berbelanja. Tentu hal ini manusiawi namun juga berbahaya bagi kesehatan keuangan. Jadi, saat keinginan itu datang tantang diri Anda. “Jika saya berhasil mengumpulkan Rp 1 juta per bulan, saya akan traktir diri saya makanan yang paling enak (tentunya budget diambil dari uang yang memang ditujukan untuk biaya kebutuhan Anda, bukan dari uang tabungan.)”

 

Baca juga :

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

Dawn of the Planet of the Earth - Manusia dan Kera Berdamai?

Jangan Pacaran Jika Masih Lakukan Hal Ini

Daripada Uang Habis, 'Diasuransikan Saja!'

Tersenyumlah dengan Hatimu

20 Perkataan Luar Biasa yang Diucapkan Yesus

Sumber : jawaban.com by lois ho
Halaman :
1

Ikuti Kami