6 Kebiasaan Pribadi yang Bisa Menghambat Karir
Sumber: Blogspot.com

Career / 28 July 2014

Kalangan Sendiri

6 Kebiasaan Pribadi yang Bisa Menghambat Karir

Lois Official Writer
3914

Bekerja keras bukan berarti hanya didasarkan pada kuantitas saja ataupun kualitas saja. Sebelum tancap gas, sebaiknya kenali batas kemampuan diri sendiri dan apa saja kebiasaan yang biasa kita lakukan. Jangan sampai kebiasaan itu dapat menghambat karir kita. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang menguras tenaga namun justru bisa menghambat bahkan menghancurkan karir yaitu :

Tidak Makan Siang

Dengan alasan ingin memenuhi deadline yang sangat penting, terkadang makan siangpun dilewatkan. Oke, hal itu bisa saja dilakukan sesekali jika memang sangat penting. Namun, jangan lakukan hampir setiap hari. Makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa menambah kekuatan.

Tidak Punya Waktu Pribadi

Waktu libur adalah waktu libur, jangan habiskan untuk terus mengerjakan pekerjaan, kecuali memang sedang bertugas. Bersikaplah santai. Keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi itu penting. Tidak peduli pekerjaan saat liburan bukan berarti tidak bertanggung jawab, namun itulah hak untuk beristirahat dan berlibur. Saat istirahat makan siang pun, gunakan hanya untuk bersantai.

Tidak Menggunakan Cuti

Jangan terus-terusan mengurusi pekerjaan dan tidak menggunakan jatah cuti, yang menjadi hak karyawan. Tidak menggunakan cuti memang membuat kalian terlihat rajin dan berdedikasi, namun tidak bisa menikmati hidup. Gunakan hak sebagaimana mestinya, meski mengisi hari cuti hanya di rumah, namun tubuh bisa lepas sejenak dari masalah-masalah kantor. Kitapun siap untuk bekerja lagi dengan semangat baru.

Terlalu Menjelaskan

Terkadang karyawan merasa perlu menjelaskan secara detail mengapa membutuhkan ijin agar manager percaya dan tahu bahwa mereka tidak bohong. Namun sebenarnya, manager atau atasan hanya perlu tahu ijin dipakai untuk apa, misalnya ke dokter. Tapi mereka tak perlu tahu penyakit yang dimiliki, rumah sakit mana yang ditemui, penyakit apa yang dimiliki, kecuali mereka tanyakan. Jelaskan seadanya, karena ini merupakan urusan pribadi yang kadang dicampuradukkan dengan pekerjaan kantor.

Tidak Bicara Saat Rapat

Karena jadi karyawan baru atau baru dipromosikan dalam divisi tertentu, bukan berarti itu alasan untuk melewatkan kesempatan berbicara saat rapat. Jangan remehkan pentingnya bicara dan berkontribusi saat rapat. Ide kreatif yang dikeluarkan, bisa saja sangat berguna dan disukai semua orang. Selama tak ada larangan, ungkapkan ide kreatif yang dipunyai.

Melakukan Pekerjaan Lebih Dari Kemampuan

Ingin dinilai bisa segalanya dan mampu mengerjakan banyak hal, akhirnya semua terbelengkalai karena tidak mampu. Pekerjaan yang lebih banyak dari kemampuan membuat kita tidak fokus dan bisa saja salah mengerjakannya. Manusia punya keterbatasan. Karena itu, jika memang benar pekerjaan tersebut berlebihan, katakan dengan santun kepada atasan.

 

Baca juga :

Kontes Foto dan Artikel, Gabung Di Sini

Dawn of the Planet of the Earth - Manusia dan Kera Berdamai?

Jangan Pacaran Jika Masih Lakukan Hal Ini

Daripada Uang Habis, 'Diasuransikan Saja!'

Tersenyumlah dengan Hatimu

20 Perkataan Luar Biasa yang Diucapkan Yesus

Sumber : merdeka.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami