Volkswagen, Metamorfosis Mobil Rakyat Menjadi Kelas Atas

Career / 9 April 2014

Kalangan Sendiri

Volkswagen, Metamorfosis Mobil Rakyat Menjadi Kelas Atas

Puji Astuti Official Writer
4021

Tidak ada jalan kesuksesan yang mulus, semua pasti penuh liku dan terkadang harus melalui kondisi yang penuh goncangan. Hal inilah yang dialami produsen mobil asal Jerman Volkswagen. Dibangun di Jerman oleh Serikat Pekerja Jerman (Deutche Arbeitsfront) di tahun 1937, pabrik mobil ini memimpikan membangun mobil rakyat, karena saat itu hanya 1 berbanding 50 orang yang memiliki mobil. Hal ini memperlihatkan betapa Jerman tertinggal jauh dari negara maju lainnya seperti Amerika atau Inggris di masa itu.

Namun ambisi Jerman terjegal oleh Perang Dunia dimana Hitler mengambil alih Jerman kala itu. Volkswagen pun termasuk di dalamnya dan mulai memproduksi kendaraan perang. Hal itu menjadi salah satu sejarah kelam VW, karena masa-masa itu ribuan orang menjalani kerja paksa disana dan tidak sedikit diantaranya yang berakhir di kamp konsentrasi. Setelah tentara sekutu kemudian berhasil memukul mundur pasukan Hitler, Volkswagen kemudian mulai beroperasi kembali dan mulai mengimpor mobil ke Inggris.

Melewati masa-masa kelam, Volkswagen berhasil bangkit dan menghasilkan beberapa model yang legendaris dan hingga masa kini beberapa diantaranya masih tetap berada di jalanan, seperti VW Beetle, VW Type 2 atau yang sering disebut VW Kombi, VW Type 3 Notchback dan VW Passat.

Kini Volkswagen terus mengembangkan diri menjadi salah satu perusahaan otomotif terbaik di dunia, dan berada di peringkat kedua dalam jumlah penjualan mobil di seluruh dunia. Dipimpin oleh CEO Martin Winterkorn yang bertalenta dan profesional, perusahaan ini ditargetkan pada tahun 2018 menjadi perusahaan otomotif terbaik mengatasi General Motor dan Toyota.

"Kita memiliki tiga tahun yang kuat," demikian ungkapnya kepada timnya. "Kalian mungkin merasa hal ini baik, namun kita harus tetap fokus."

Itulah nasihat bijak Winterkorn kepada tim manajemennya untuk mencapai gol perusahaan, mereka tidak boleh puas dengan pecapaian mereka tahun lalu, walau hal itu adalah sesuatu yang fantastis. Dengan total penjualan mencapai 10 juta kendaraan dan keuntungan sebelum pajak mencapai 8 persen, dibandingkan pada tahun 2007 mereka hanya menjual 6,2 juta mobil dan keuntungan rata-rata hanya 6%. Dari tahun 2008 hingga 2013, keuntungan Volkswagen meningkat lebih dari 63,5%.

Kini selain merek VW, Volkswagen Company juga telah mengakusisi beberapa merek mobil seperti AUDI, Lamborghini dan Bugatti. Saat ini perusahaan itu sedang terus mengembangkan beberapa lini usaha otomotif, dimana salah satunya adalah merek-merek mobil mewah dengan menyasar pasar kelas atas yang saat ini terus bertambah di berbagai belahan dunia.

Baca juga artikel lainnya :

Soichiro Honda, Pendiri Honda Yang Nilainya Jelek Di Sekolah

Melirik Peluang Sebagai Desainer Dibidang Otomotif

Tips Sukses Bisnis Rental Mobil/Motor

Pertolongan Tuhan Indah Pada WaktuNya

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami