MMM, Investasi Baru yang Sedang Tren di Indonesia
Sumber: wordpress.com

Investment / 14 August 2014

Kalangan Sendiri

MMM, Investasi Baru yang Sedang Tren di Indonesia

Lois Official Writer
5086

Di Indonesia sedang hangat diperbincangkan mengenai investasi baru yang menguntungkan. Hanya dengan menabung Rp 10 juta per bulan, Anda dijamin mendapatkan keuntungan bunga 30 persen, tanpa melakukan usaha apapun. Kok bisa? Ini penjelasannya.

MMM adalah Mavrodi Mondial Moneybook namun di Indonesia dikenal sebagai Manusia Membantu Manusia. Setelah menyetor sejumlah uang, para investor harus menginvestasikan uang tersebut tidak hanya ke satu rekening perusahaan. Mereka kemudian membuat akun di website MMM dengan dana investasi yang mereka inginkan. Dana itu yang tercatat di akun, sementara uangnya tetap berada di rekening masing-masing anggota.

Dalam tiga atau lima hari, sistem MMM akan memerintahkan anggotanya mentransfer uang, tapi uang yang ditransfer langsung ke rekening orang yang telah ditentukan oleh MMM. Setelah uang ditransfer, si penerima akan melakukan konfirmasi bahwa dana telah diterima. Anggota yang tdainya menstransfer akan mendapat giliran ditransfer pada bulan depannya, dengan tambahan bunga 30 persen.

Di MMM, satu akun maksimal berisi uang Rp 10 juta dan minimal Rp 1 juta. Apabila lebih, harus membuat akun lebih, yang memang diperbolehkan asalkan dengan email yang berbeda. Hal ini mirip seperti arisan tapi berbunga.

Menurut Aidil Akbar Madjid, perencana keuangan, MMM adalah skema Ponzi atau money game. Sistem ini disebut piramida, yaitu mengandalkan orang lain dalam melipatgandakan uang. “Misalnya 1000 orang harus transfer ke 100 orang. Untuk meng-cover yang 1000 itu butuh orang 1.500-2000 orang lagi. Semakin ke bawah orangnya semakin banyak. Inilah makanya disebut sistem piramida,” ujar Aidil.

“Tidak ada bisnis, tidak ada profit. Makanya keuntungan 30% itu tidak masuk akal,” ujar Aidil lagi. Namun, menurut Aidil, sistem piramida seperti MMM akan terus menjamur jika sifat ingin kaya secara instan masih ada.

Lain pendapat pakar, lain pula yang dirasakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini. Dia baru ikut MMM selama enam bulan tapi sudah mendapat uang Rp 30 juta dari MMM dengan setoran awal Rp 5 juta. “Pertama kali disuruh transfer uang ke orang yang sama sekali nggak gue kenal, tau ga, gue galau habis transfer uang,” ujarnya kepada Warta Kota.

Namun kepercayaannya muncul begitu rekeningnya masuk uang sebesar Rp 6,5 juta bulan depannya. Dia lekas membuat lima akun, sedangkan akun yang lama dia tinggalkan. Setiap akun dia isi Rp 10 juta. Totalnya dia memasang Rp 50 juta. Dari situlah, selama dua bulan dia melipatgandakan uangnya sampai memiliki Rp 30 juta dari bunga dan bonus MMM, dengan perhitungan 30% dari Rp 50 juta x 2 (bulan).

Sekarang dia sudah menyelamatkan uang hasil yang dia mainkan di MMM Rp 50 juta dalam bentuk tabungan (sesuai dengan 5 akun yang dia buat) dan tiga akun dia sediakan Rp 10 juta dan satu aku dia isi Rp 5 juta. “Jadi mau uang tiga puluh juta itu hilang saya tidak peduli. Biarkan uang itu berputar di situ,” ujar Wardana.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda berminat dan berani menerima resikonya? Seringkali hal-hal yang instan, instan datangnya, instan pula perginya. Tapi jika memang Anda mau mengambil resiko itu, tentu Anda harus menyisihkan uang tersebut dari hasil kelebihan pendapatan Anda agar tak merugikan Anda ataupun keluarga kecil Anda.

 

Mungkin Anda juga tertarik membaca :

Kita Merdekat di Dalam Tuhan Jika Penuhi Ini

4 Jurus Urus Balita Tanpa Stres

10 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Insomnia

Chord Lagu : Satu Alasan

7 Cara Memilih Investasi yang Cocok Bagi Anda

Kenapa Karir Impian Saya Belum Juga Terwujud?

Sumber : ciputraentrepreneurship.com by lois ho
Halaman :
1

Ikuti Kami