Sebelum Investasi, Ada Baiknya Analisa Hal Ini Dulu
Sumber: www.morethanshipping.com

Investment / 31 July 2014

Kalangan Sendiri

Sebelum Investasi, Ada Baiknya Analisa Hal Ini Dulu

Lois Official Writer
3771

Sebelum melakukan investasi dalam bentuk apapun, khususnya bagi pemula yang ingin terjun ke dalam dunia investasi, ada baiknya melakukan analisa sehingga investasi yang nanti dikelola dapat memberikan hasil yang maksimal.

"Kalau baru mau mulai, sebaiknya sebelum mulai itu bikin dulu analisis, namanya financial check up. Jadi, investasi ini kalau stage financial check up itu ada di stage (tahap) nomor 6. Jadi, kita tidak boleh nomor 6 dulu kalau 1,2,3,4,5 nya belum," tutur pakar perencana keuangan Aidil Akbar Majid di Jakarta. Aidil pun membagikan hal ini :

Utang

Menurutnya, calon investor harus terlebih dahulu menyelesaikan utang, terutama utang yang sifatnya konsumtif.

Perhatikan Aliran Dana

Perhatikan aliran dana yang masuk ataupun yang keluar dalam keuangan Anda sehari-hari. Arus uang tersebut haruslah menunjukkan indicator positif. Jika aliran dana yang keluar lebih banyak daripada yang masuk, bagaimana uang untuk berinvestasi bisa disediakan?

Dana Darurat

Ketersediaan dana darurat untuk kebutuhan hidup Anda perlu diperhatikan. "Misalnya saya punya dana darurat Rp 50 juta. Bursa lagi turun, terus tiba-tiba saya di-PHK. Kalau kita tidak punya emergency fund, saya musti tarik duit keluar dari bursa, rugi. Dengan saya punya dana darurat, sambil saya cari kerjaan, saya masih bisa hidup dari dana itu," tutur Aidil.

Analisis Fundamental yang Pengaruhi Investasi

Cari tahu apa saja yang berkaitan dengan investasi serta informasi lain yang mempengaruhi investasi tersebut seperti melihat kondisi perekonomian, industri, dan prospek usaha di masa depan.

 

Baca juga :

Atas Segala Sesuatu

3 Sifat Anak yang Bisa Dicontoh Versi Yesus

Jangan Lagi Korek Kotoran Telinga Anda

7 Kompentisi yang Dimiliki Para Profesional di AFTA 2015

Mau Bersihkan Telinga? Gunakan Cara Ini

Sumber : berbagai sumber by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami