Mengatasi Ketakutan Dalam Memulai Bisnis Baru
Sumber: jackalopejobs.com

Investment / 17 July 2013

Kalangan Sendiri

Mengatasi Ketakutan Dalam Memulai Bisnis Baru

Puji Astuti Official Writer
9133

Setiap orang pasti memiliki ketakutan tersendiri, dan bisa dikatakan bahwa dalam taraf tertentu rasa takut adalah sesuatu yang wajar dan baik bagi manusia. Namun jika ketakutan itu sudah membatasi hidup seseorang, ketakutan tersebut menjadi sesuatu yang tidak sehat, termasuk dalam bisnis dan investasi.

Bagaimana kita bisa mengenali rasa takut yang baik dan buruk? Rasa takut yang baik adalah sebuah peringatan akan adanya bahaya, sebuah indera ke enam dari hati nurani kita. Sedangkan rasa takut yang buruk akan berkata, "Bagaimana jika...?" Rasa takut yang buruk akan membuat Anda jalan ditempat tanpa pernah mencoba atau bertindak.

Untuk mengatasi ketakutan atau menjadi berani bukan berarti meniadakan ketakutan itu sendiri, sebaliknya harus menghadapi ketakutan itu, seperti  prinsip dalam bisnis bukan meniadakan resiko namun meminimalkan resiko.

Lihatlah ketakutan sebagai peluang untuk belajar

Tidak ada seseorang yang baru belajar dan langsung mahir, setiap orang pasti perlu proses dan juga tahapan yang harus dilewati. Demikian pula dalam bisnis, tidak ada yang langsung menjadi milyader. Hadapilah ketakutan Anda tahap demi tahap, lihatlah hal ini sebagai peluang untuk belajar dan bertumbuh untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Milikilah kembali perspektif seorang anak

Saat Anda mencoba lalu belum berhasil, itu bukanlah kegagalan. Itu adalah proses pembelajaran, dan Anda masih bisa mencoba kembali dengan berbagai cara yang berbeda hingga akhirnya menemukan cara yang tepat untuk berhasil. Inilah perspektif seorang anak kecil, dia tidak takut dengan hal-hal baru yang harus ia pelajari. Ia mencoba, mengeksplorasi dan akhirnya bersenang-senang dalam prosesnya. Demikian juga kita saat belajar untuk membangun usaha atau berbisnis.

Carilah mentor

Tidak banyak orang yang beruntung membangun bisnis dengan bimbingan seorang mentor, kebanyakan orang memulai dengan cara trial and error. Namun saat ini seorang mentor untuk memulai bisnis tidak lagi sulit dicari, Anda bisa mengikuti seminar mulai dari yang online hingga yang tatap muka, ataupun juga melalui membaca buku. Mentor adalah seseorang dimana kita bisa belajar tentang pengalamannya, lika-liku yang pernah dilaluinya, caranya mengatasi kendala, dll. Hal itu juga  bisa Anda temukan melalui buku.

Hari ini apa yang menjadi ketakutan terbesar Anda sehingga menghalangi Anda untuk mulai melangkah memulai bisnis Anda? Hadapilah, mulailah membuat langkah-langkah kecil. Percayalah, pada akhirnya Anda akan tiba pada target yang pernah Anda buat sebelumnya.

Baca juga artikel lainnya :

Bangkit Melewati Tragedi Kehidupan, dan Menjadi Pemenang

Ingin Maju? Anda Butuh Mentor!

Monster Raksasa di Layar Lebar

Ahok Sebut Pansus Monorail Cari Honor

Yang baru di MNC TV: Telenovela dan Acara Ala Gladiator

Sumber : Berbagai sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami