Baru Lulus? Kenapa Tidak Memulai Usaha Saja
Sumber: www.portalkbr.com

Investment / 5 June 2013

Kalangan Sendiri

Baru Lulus? Kenapa Tidak Memulai Usaha Saja

Puji Astuti Official Writer
11510

Baru lulus sekolah? Hanya sekitar 7 % lulusan sekolah menengah yang saat ini bisa melanjutkan ke universitas. Lalu sisanya kemana? Pilihannya adalah mencari kerja, dan alternatif lainnya adalah memulai usaha sendiri. Dibandingkan dengan bekerja, memang memulai usaha memiliki tantangan tersendiri. Namun dengan kondisi ekonomi yang tak tentu seperti saat ini, maka memulai usaha sendiri adalah pilihan yang bijak.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan memulai usaha sendiri :

Kelebihan  : Anda memiliki waktu dan juga energi untuk membangun usaha

Sebagai anak muda, tentu energi yang dimiliki tidak usah ditanya lagi, terlebih setelah lulus sekolah maka  waktu luang sangatlah banyak. Memulai usaha baru membutuhkan kedua hal itu, dan juga semangat serta dedikasi untuk tidak menyerah dengan tantangan yang muncul.

Kekurangannya : Sulit dalam masalah modal

Sebagai seseorang yang baru lulus, tentu tidak mudah untuk mendapatkan pinjaman modal. Kecuali Anda memiliki tabungan yang cukup atau sokongan dari orangtua. Namun jangan putus asa dulu, banyak usaha yang bisa dimulai dengan modal yang kecil asalkan Anda mau bekerja keras untuk mewujudkannya.

Kelebihan  : Anda belum letih karena bekerja bagi orang lain

Banyak pengusaha potensial sulit memulai usahanya karena telah letih bekerja bagi sebuah perusahaan atau orang lain selama bertahun-tahun. Bekerja dapat membuat seseorang kehilangan kreativitasnya. Untuk itu bagi mereka yang baru lulus seperti seseorang dengan tenaga full dan juga kreativitas bau. Anda tidak perlu merasa terbebani, milikilah pola pikir bahwa segala sesuatu mungkin untuk diwujudkan. Ingatlah bahwa percikan semangat ditahun-tahun awal akan menjadi pendorong bagi kesuksesan Anda di depan.

Kekurangan : Kerja keras dan mengambil semua peran

Sebagai pemula tentunya Anda tidak bisa mempekerjakan banyak orang, jadi banyak peran yang harus Anda kerjakan sendiri. Mulai dari konsep, manajemen keuangan, marketing, pelayanan pelanggan menjadi tanggung jawab Anda. Kerja keras bukan? Tapi percayalah, jika Anda serius dan bisnis Anda berhasil semua itu akan sepadan dengan imbalan yang akan Anda terima.

Kelebihan : Memulai bisnis memberikan pengalaman luar biasa

Sekalipun suatu saat bisnis Anda gagal, hal itu tetap memberikan sebuah keuntungan bagi Anda, yaitu pelajaran hidup yang tidak mungkin Anda dapatkan dibangku kuliah. Lagi pula Anda masih bisa mencoba lagi. Membangun usaha juga membentuk karakter Anda, terlebih saat berhubungan dengan klien. Hal ini pun bisa menjadi kelebihan dalam resume kerja Anda nanti.

Kekurangan : 9 dari 10 usaha yang dimulai gagal di lima tahun awal

Memulai usaha tidak sama dengan keberhasilan instant. Membutuhkan waktu sebelum sebuah usaha bisa memberikan keuntungan. Bahkan jika usaha itu kuat, tidak dijamin di masa depan akan sukses. Walau statistiknya sedemikian buruk, namun Anda tidak perlu takut untuk memulai. Sudah banyak bukti saat ini banyak anak muda di Indonesia yang telah meraih keberhasilan. Jadi mengapa masih menunggu, mulailah sekarang. Sukses untuk Anda.

Baca juga artikel lainnya :

Ahok Lebih Senang Jadi Pejabat Daripada Pengusaha Kaya

Beragam Peluang Bisnis Layanan Kesehatan

Kisah Nyata Cindy dan Penyakit Adiknya

Membuktikan Janji Pernikahan, Mencintai Saat Sakit Maupun Sehat

Merry Riana : Jelilah Dalam Melihat Kesempatan

Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami