Rumus Investasi Bagi Karyawan

TUESDAY, 15 JUNE 2010

Total View : 2445 times


Banyak karyawan, setelah kerja puluhan tahun berakhir dengan hidup pas-pasan saja. Hal ini menjadikan pandangan umum bahwa kalau ingin kaya jangan jadi karyawan, tapi jadilah pengusaha. Namun apakah benar bahwa seorang karyawan tidak bisa mencapai kemakmuran? Tentu tidak.

Tahu investasi yang tepat dan bagaimana cara mengatur gajinya sehingga bisa mencukupi kebutuhannya adalah kunci menuju kemakmuran, atau istilah sekarang yang sedang digandrungi adalah financial freedom.

Miskin investasi

Miskin investasi atau bahkan tidak pernah investasi adalah salah satu dari kesalahan yang diambil oleh para karyawan. Masih bagus jika perusahaan menyediakan tabungan hari tua (atau bagi mereka yang pegawai negeri : dana pensiun). Namun walaupun ada atau tidak ada, seorang karyawan haruslah menganggarkan dana untuk investasi dari gajinya.

Saat ini di Indonesia, di perkirakan dana yang dianggarkan untuk seseorang melakukan investasi maksimal sebesar 10% dari gajinya perbulan, bahkan seringkali dibawah angka ini. Namun jika Anda ingin perencanaan keuangan yang matang, maka angka 20 % dari nilai gaji perbulan merupakan nilai investasi yang disarankan.

Kapan mulai investasi?

Kapan Anda bisa memulai investasi? Hal ini dimulai ketika semua kebutuhan dasar Anda terpenuhi. Setelah Anda bisa memenuhi kebutuhan dasar, hal selanjutnya adalah mengelola resiko dengan media asuransi. Jadi jangan menganggap remeh pengelolaan resiko baik keluarga maupun pribadi. Mengapa hal ini perlu? Karena sakit, dan kecelakaan yang menyebabkan kecacatan akan menguras kekayaan Anda. Resiko meninggal, dapat menyebabkan keluarga Anda yang mengalami kesulitan keuangan.

Ketika Anda bisa mengatur dengan baik gaji yang Anda terima setiap bulannya, maka dipastikan Anda akan menikmati kehidupan yang berkecukupan. Seperti yang Yohanes pembaptis katakan dalam Matius 3:14, “Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu." Dengan demikian Anda sebagai orang percaya bisa membagikan kebaikan Tuhan dalam hidup Anda, bukan hanya dalam kata-kata saja, tapi juga dengan kelebihan yang Anda miliki Anda bisa mencukupkan mereka yang berkekurangan.

Source : Berbagai sumber/VM


Imago Planet

COMMENTS

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • No comment yet

"Kunci Sukses"

Sebagian orang memiliki PEKERJAAN di gereja.Sebagian lagi melibatkan dirinya di dalam PELAYANAN.Apa bedanya?Jikalau kamu melakukan itu hanya karena tidak ada orang yang mau melakukannya, itu adalah Pekerjaan.Jikalau kamu melakukannya untuk memuliakan Tuhan, itu adalah Pelayanan.Jikalau kamu berhenti karena seseorang mengkritik kamu, itu adalah Pekerjaan.Jikalau kamu terus melakukan tanggung jawab itu sekalipun orang mengkiritk kamu, itu adalah Pelayanan.Jikalau kamu mau melakukan itu asalkan tidak mengganggu aktivitas kamu lainnya, itu adalah Pekerjaan.Jikalau kamu berketetapan untuk melakukan itu bahkan dikala kamu sibuk, itu adalah Pelayanan.Jikalau kamu berhenti karena tidak ada orang yang memuji atau mengucapkan terima kasih kepadamu, itu adalah Pekerjaan.Jikalau kamu tetap bertahan sekalipun tidak ada orang yang menghargaimu, itu adalah Pelayanan.Sangat sulit untuk menikmati suatu Pekerjaan.Tetapi sangat mustahil untuk tidak menikmati Pelayanan.Jikalau perhatian kita hanya pada kesuksesan, itu adalah Pekerjaan.Jikalau perhatian kita ada pada kesetiaan, itu adalah Pelayanan.Gereja yang tidak mengalami pertumbuhan, berisikan orang-orang yang hanya mau Bekerja.Tetapi gereja yang mengalami pertumbuhan yang pesat berisikan orang-orang yang mau Melayani.