fotoku.jawaban.com | Solusi Life | OBI | Iklan Baris | Video Library | Prayfor | English Article
Register | Login | Forget Pwd
Etika Posting

jesusfreak1 (Newbie)

20 May 2009 18:59:45

hehehe.. Awalnya gw pkir orang Kristen lho yang lebih berpikir seperti itu.. Tapi ternyata orang Katolik juga yah.. Yah pada intinya, kyanya sih semua orang yang belum didoktrin pendetanya ga bakal mikir gitu deh.. hehehe.. jadi nyalahin pendeta gini, ampun2..

tp yang jelas gw sendiri juga lumayan berpikir gitu sih ttg kepercayaan gw, klo engga mah gw uda ngikut co gw (karena keluarga gw sih ga masalah) dan beres deh masalah..

Klo ga mikir gitu, namanya bukan kepercayaan deh kyanya..

Latest update by jesusfreak1 on 20 May 2009 18:59:45

archaengela (JC Fever)

21 May 2009 00:16:46

Masalah iman adalah masalah hubungan personal antara manusia dengan Tuhan. Jadi sebenarnya bukan masalah didoktrin pendeta atau pastor. Karena walaupun didoktrin tapi kalau yang bersangkutan menolak dari dalam, jelas tidak akan kena. Balik lagi ke diri masing-masing kog.

Back to topick ya, karena masalah doktrin-mendoktrin itu sudah agak melenceng dari topik semula mengenai pasangan antara kristen-katolik. Thanks Smile.

Latest update by archaengela on 21 May 2009 00:16:46

archaengela (JC Fever)

21 May 2009 00:23:10

Masalah iman adalah masalah hubungan personal antara manusia dengan Tuhan. Jadi sebenarnya bukan masalah didoktrin pendeta atau pastor. Karena walaupun didoktrin tapi kalau yang bersangkutan menolak dari dalam, jelas tidak akan kena. Balik lagi ke diri masing-masing kog.

Back to topic ya, karena masalah doktrin-mendoktrin itu sudah agak melenceng dari topik semula mengenai pasangan antara kristen-katolik. Thanks Smile.

Latest update by archaengela on 21 May 2009 00:23:10

htfiles (Newbie)

26 May 2009 00:44:29

archaengela
Masalah iman adalah masalah hubungan personal antara manusia dengan Tuhan. Jadi sebenarnya bukan masalah didoktrin pendeta atau pastor. Karena walaupun didoktrin tapi kalau yang bersangkutan menolak dari dalam, jelas tidak akan kena. Balik lagi ke diri masing-masing kog.

Back to topic ya, karena masalah doktrin-mendoktrin itu sudah agak melenceng dari topik semula mengenai pasangan antara kristen-katolik. Thanks Smile.


menurut saya ini sangat berhubungan.
contoh..seorang katolik yang otak nya udah didoktrin pastor nya, bahwa grj katolik itu satu-satu nya gereja sebenarnya, sedangkan yg lain itu grj katro/grj bukan tubuh kristus=palsu=sesat.
maka otak orng katolik tsb akan sangat anti dng protestan...

lain hal nya dng protestan, mau pdt sekalipun, mereka semua berperinsip, selama dirimu percaya Yesus, kau dan aku itu sepadan.

Jadi katolik kolot atau protestan, sngt ngefek dlm suatu hubungan....

Latest update by htfiles on 26 May 2009 00:44:29

archaengela (JC Fever)

26 May 2009 02:11:23

Kalau perbedaan doktrin ya itu sangat berhubungan. Tetapi jika masalah pemimpin agama yang mendoktrin umatnya, itu selain sudah melenceng dari topik semula mengenai masalah kesepadanan juga sudah melanggar etika posting forum nomor 4 (dapat dilihat di http://www.jawaban.com/forum/viewtopic.php?t=7351).

Sebagai anggota tubuh Kristus dengan Kristus sebagai kepalanya, maka janganlah kita saling menjelekkan satu dengan yang lainnya. Kalaupun ada fenomena pemimpin agama yang mendoktrin umatnya untuk berpikir lain, itu adalah urusan dia dengan Tuhan. Harap tidak dibesar-besarkan di sini. Kalau hal itu menjadi keprihatinan Anda, ada baiknya Anda mendoakan yang bersangkutan supaya diubahkan Tuhan.

Jika akan melanjutkan mengenai masalah kesepadanan untuk memberi masukan kepada thread starter itu sangat diharapkan, namun jika akan membahas lebih lanjut mengenai pemimpin agama yang mendoktrin umatnya tolong jangan dilanjutkan. Mari kita mendukung bagi terciptanya persatuan seluruh tubuh Kristus. Gbu.

htfiles
archaengela
Masalah iman adalah masalah hubungan personal antara manusia dengan Tuhan. Jadi sebenarnya bukan masalah didoktrin pendeta atau pastor. Karena walaupun didoktrin tapi kalau yang bersangkutan menolak dari dalam, jelas tidak akan kena. Balik lagi ke diri masing-masing kog.

Back to topic ya, karena masalah doktrin-mendoktrin itu sudah agak melenceng dari topik semula mengenai pasangan antara kristen-katolik. Thanks Smile.


menurut saya ini sangat berhubungan.
contoh..seorang katolik yang otak nya udah didoktrin pastor nya, bahwa grj katolik itu satu-satu nya gereja sebenarnya, sedangkan yg lain itu grj katro/grj bukan tubuh kristus=palsu=sesat.
maka otak orng katolik tsb akan sangat anti dng protestan...

lain hal nya dng protestan, mau pdt sekalipun, mereka semua berperinsip, selama dirimu percaya Yesus, kau dan aku itu sepadan.

Jadi katolik kolot atau protestan, sngt ngefek dlm suatu hubungan....

Latest update by archaengela on 26 May 2009 02:11:23

handyhne5 (JC fresh)

13 June 2009 22:50:07

Katolik ataupun kristen.. untinya kan Tuhan Yesus,

Mengapa mesti dipersulit dengan masing2 pandangan mengenai siapa yang mendoktrin siapa.

Kenapa kita dengerin siapa yang meng-Klaim merasa paling benar jalannya, kalo menurut saya kalau ada yang seperti itu sesama Kristen-Katolik maupun sebaliknya itu jelas uda ngga bener.

Karena jalan kehidupan hanya satu yaitu melalui Tuhan Yesus Kristus, nah baik Katolik maupun Kristen juga mengakui itu.

Jadi kalu menurut saya pacaran Kristen Katolik sesuatu yang biasa dan tidak aneh.

Yang perlu dipersiapkan sebenernya masing2 pribadi itu sendiri, baik katolik maupun kristen.
Memang ada perbedaan seperti yang sudah kita ketahui.
Tetapi itu tidaklah menjadi masalah jika masing2 pribadi (pasangan) mau mengimani Tuhan, bukan ego nya masing2.

Baik yang kristen maupun yang katolik...
kalau belum tahu secara pasti (memahami) dan mengimani, ya jangan saling dengan mudah menyatakan ada perbedaan yang sifatnya saling menjelakan. Itu menunjukan pengetahuan yang dangkal & tidak bijak menurut saya.

Ya intinya sama2 anak Tuhan..saling hargain masing2 pengalaman imannya.

Selanjutnya setuju dengan Archaenngela..

Thx..^^
Gbu+

Latest update by handyhne5 on 13 June 2009 22:50:07

Digital_angel (Newbie)

15 June 2009 14:08:45

Kristen and Katolik banyak perbedaannya, contohnya Kristen percaya Diselamatkan hanya karena Anugrah,

Katolik percaya Diselamatkan BUKAN karena Anugrah saja, masih ada dengan doa salam maria, doa rosario, etc

Juga Katolik, kalau minta ampun dosa, harus lewat pastor, perantara,

Sedangkan Kristen ,minta ampun dosa, yah kita gak usah ke pastor . langsung aja doa,

Orang katolik percaya api penyucian (orang matinya belum percaya, masih bisa diselamatkan asalkan di doakan terus menerus dari bumi - di masukan ke api penyucian ,

Sedangkan Orang kristen tidak percaya api penyucian , kalau matinya percaya Kristus, yah diselamatkan - kalau tidak percaya Kristus, ya masuk neraka (jelas sudah)

Alkitabnya juga beda, kenapa ?
karena orang katolik, percaya orang orang kudus (santo, paulus juga punya peranan dalam menulis kitab suci , jadi terus menerus ada kisah nya dan pembaharuan terus)

sedangkan alkitab orang kristen, stop sampai kepada murid yesus / Paulus l

Beda tidak pasangan kristen dan katolik ? Beda

Mereka 2 dunia, 2 pengajaran , dan tidak bisa bersatu.

10 cara mengetahui benar benar cinta : click

http://id.shvoong.com/humanities/1905831-10-cara-untuk-mengetahui-apakah/

Latest update by Digital_angel on 15 June 2009 14:08:45

archaengela (JC Fever)

15 June 2009 19:32:52

Dari yang saya ketahui, Katolik pun percaya bahwa diselamatkan karena anugerah saja. Bisa dicek pada teman-teman yang katolik. Doa salam maria, rosario, etc bukan sarana untuk mencapai keselamatan. Bisa dicek pada teman-teman yang katolik.

Digital_angel
Kristen and Katolik banyak perbedaannya, contohnya Kristen percaya Diselamatkan hanya karena Anugrah,

Katolik percaya Diselamatkan BUKAN karena Anugrah saja, masih ada dengan doa salam maria, doa rosario, etc


Memang banyak perbedaan doktrin, tetapi kalau melihat hanya perbedaan doktrin semata, sementara intinya: menerima dan mengakui bahwa keselamatan hanya pada Kristus, itu adalah sama, berarti bukankah sebenarnya sama-sama bagian dari Tubuh Kristus?

Digital_angel
Juga Katolik, kalau minta ampun dosa, harus lewat pastor, perantara,

Sedangkan Kristen ,minta ampun dosa, yah kita gak usah ke pastor . langsung aja doa,

Orang katolik percaya api penyucian (orang matinya belum percaya, masih bisa diselamatkan asalkan di doakan terus menerus dari bumi - di masukan ke api penyucian ,

Sedangkan Orang kristen tidak percaya api penyucian , kalau matinya percaya Kristus, yah diselamatkan - kalau tidak percaya Kristus, ya masuk neraka (jelas sudah)


Kalau yang saya tahu, Alkitabnya itu perbedaannya hanya di penambahan Deuterokanonika (kitab-kitab tambahan) yang diakui di Katolik sedangkan di Kristen tidak. Dalam Alkitab Katolik pun dari Kejadian sampai Wahyu sama persis dengan Alkitab Kristen. Mengenai ada pembaharuan terus, setahu saya tidak ada ya.

Digital_angel
Alkitabnya juga beda, kenapa ?
karena orang katolik, percaya orang orang kudus (santo, paulus juga punya peranan dalam menulis kitab suci , jadi terus menerus ada kisah nya dan pembaharuan terus)

sedangkan alkitab orang kristen, stop sampai kepada murid yesus / Paulus l


Kalau dipandang dari doktrin memang beda, namun dalam Kristen sendiri juga ada hal-hal doktrinal yang berbeda antara satu denominasi/aliran dengan denominasi/aliran lain. Kalau mempermasalahkan perbedaan doktrin memang tidak ada habis-habisnya sih. Padahal Kristus sendiri mengatakan dalam 1 Korintus 1:10-17 bagi kita semua, Tubuh Kristus, untuk tidak ada perpecahan dalam kita semua.

Benar bahwa kalau memang akan menikah, sudah sebaiknya dan seharusnya pasangan tersebut mendiskusikan perbedaan doktrin tersebut dan kalau menikah satu perahu harus berlayar ke arah yang sama. Memang perlu kesepakatan dalam pasangan ini untuk menentukan wadah bagi mereka untuk sungguh-sungguh bertumbuh.

Digital_angel
Beda tidak pasangan kristen dan katolik ? Beda

Mereka 2 dunia, 2 pengajaran , dan tidak bisa bersatu.

Latest update by archaengela on 15 June 2009 19:32:52

handyhne5 (JC fresh)

16 June 2009 22:53:59

Ya memang berbeda dalam hal cara, tetapi intinya kan hanya satu tujuan kepada Bapa, Tuhan Yesus & Roh Kudus.

Kalau hanya karena perbedaan cara td dijadikan alasan untuk tidak pacaran, menurut sy si sangat sempit sekali pengertian & pemikirannya.


Kita ngga perlu untuk saling menunjukan perbedaan antara Katolik-Kristen
untuk dijadikan alasan tidak cocok.
Tetapi lebih ke arah hikmat & pengertian serta pengalaman masing2 pribadi akan hidup ini.

Karena tujuan hidup kita untuk Tuhan, kita diciptakan untuk kemuliaan Tuhan....bukan untuk agama dengan berbagai perbedaannya.


Digital_angel

Beda tidak pasangan kristen dan katolik ? Beda

Mereka 2 dunia, 2 pengajaran , dan tidak bisa bersatu.


Apa bedanya : 2 dunia dalam arti apa? tidak bersatu? alasannya & dasarnya apa?

sy ngga setuju! hikmat dan pengertiannya dimana?

Ok makasih^^
God bless+

Latest update by handyhne5 on 16 June 2009 22:53:59

meong (Newbie)

18 June 2009 15:13:44

no mean to offense
hanya mau berbagi

menurut saya pasangan kristen-katolik
tidak seimbang

ini pengalaman pribadi saya..
tidak semudah teorinya
apalagi ketika sudah mulai mempersiapkan pernikahan
baru terasa bedanya

Latest update by meong on 18 June 2009 15:13:44