fotoku.jawaban.com | Solusi Life | OBI | Iklan Baris | Video Library | Prayfor | English Article
Register | Login | Forget Pwd
Etika Posting

jesusfreak1 (Newbie)

14 May 2009 02:44:20

Kalo Alkitab bilang, harus yang seimbang.. Maka Kristen sama Katolik itu seimbang ga sih?
Sama2percaya sama Tuhan Yesus, ato ada perbedaan yang bikin jadi ga seimbang? Mau dong tanggapan dari kedua belah pihak.. Laughing

Thx!

Latest update by jesusfreak1 on 14 May 2009 02:44:20

HMph (JC Palz)

14 May 2009 08:49:21

saia katolik...
seimbang mnurut saia sih ga tergantung agama yaaah...
hmm...liat kerohaniannya lah...
nah..kerohanian kan ga terlalu keliatan bgt ya...tapi bisa kita liat juga dari karakternya..hmm...gt aja kali ya??hehehehehhhehe^^

Latest update by HMph on 14 May 2009 08:49:21

Siip (JC Palz)

14 May 2009 10:03:27

Pada dasarnya sama-sama percaya Yesus.
Karna itu bisa dkatakan imannya serupa.
Tetapi cara pengamalannya ada perbedaan.

1. Tempat ibadahnya beda
2. Liturginya beda
3. Beberapa doktrin sekundernya juga beda

Awalnya mungkin tidak mjadi masalah,
Tp bila salah satu atau kedua pasangan kuat dalam iman thd ajaran masing2, maka kelak bisa muncul psoalan.

Bukankah akan lebih indah bila keluarga bisa ibadah sama-sama?
Bukankah akan lebih indah bila keluarga mpunyai sudut pandang yg sama dlm mngamalkan iman?

Latest update by Siip on 14 May 2009 10:03:27

enjie (JC Fever)

14 May 2009 15:13:39

Sepadan dalam arti yg sebenarnya itu kesepadanan dalam hal kepercayaannya kepada Yesus Kristus. Kristen dan Katolik sebenarnya cuma doktrin yg dibuat manusia sehingga keduanya tampak 'berbeda' (sama seperti Kristen sendiri yg juga punya berbagai macam aliran seperti protestan, karismatik, pantekosta, dll).

Tapi, jika ingin menikah...tentu aja harus mempertimbangkan doktrin masing-masing karena kita masih hidup di dunia, belum di Surga Smile (selama jadi manusia, ya tentu kita harus tunduk pada pemimpin dunia kita selain kepada Yesus karena mereka juga otoritas bagi kita).

Tidak semua doktrin bisa dipaksakan kepada seseorang. So, dalam hal ini harus ada pembicaraan dan kesepakatan antara kedua belah pihak tentang doktrin mana yg akan diikuti sebagai dasar pernikahan dan berumah tangga nantinya (bahasa simple-nya salah satu sebaiknya mengalah agar tidak terjadi dualisme pemimpin dalam satu atap Wink ).

Latest update by enjie on 14 May 2009 15:13:39

jesusfreak1 (Newbie)

14 May 2009 18:37:10

errr..bener jg sih yah..

nah klo mnrt kalian, klo seseorg pindah (kristen ke katolik ato sebaliknya) apakah itu masuk dlm "mengkhianati" Tuhan ato agama ? (mengacu pada perbedaan2 yang ada di dalamnya)..

gw sendiri selama ini jadi berusaha ngeliatin ajaran kedua belah pihak, tp mau ga mau gw ga fair dong, pastinya masih so yakin dgn gw punya, dan gw rasa hal itu mungkin yg bikin jadinya gw ga pnh ngerasain damai sejahtera itu ketika gw lagi di tempat "yang lain".

gw ga pengen putus konyol karena hal yg ternyata "sama-sama aja", karena org ini menurut gw udah ok, jarang2 bisa ketemu cowo kya giniLaughing

awal2 kenal, gw yang tadinya lagi males2an dan jelek bgt hub sama Tuhan, malah jadi semangat karena dia semangatin terus.. Hal itu yg bikin gw jadi pertimbangin mau sama dia, walaupun kita "beda". Sampe sekarang pun masi sering doa bareng dll.. Tapi ya sisi "jelek"nya yah itu, dia sendiri kuat jg rohaninya huahaha.. jadinya keras2an deh..

*duh jadi curhat hikss... Crying or Very sad

thx bwt tanggapannya yaahh

Latest update by jesusfreak1 on 14 May 2009 18:37:10

archaengela (JC Fever)

14 May 2009 19:21:02

Kristen dan Katolik sama-sama menyembah Tuhan yang sama, yaitu Tuhan Yesus. Jadi sebenarnya tidak ada masalah. Hal yang perlu diperhatikan bukan sekedar seimannya, tetapi sudah seberapa jauh masing-masing mengalami Tuhan.

Karena bisa jadi begini, satu sudah sampai level 10, satu baru sampai level 2. Ini tidak sepadan. Jadi perlu dipikirkan masalah kesepadanan dalam mengalami Kristusnya.

Asalkan kedua pihak bisa merembukkan sesudah menikah akan ke mana: ke gereja Kristen atau Katolik, itu tidak masalah kog. Namun dalam satu keluarga, suami dan istri adalah dalam satu perahu yang sama. Oleh karena itu, seperti kata Siip dan Enjie, harus ada kesepakatan akan ke mana. Satu perahu dengan 2 nahkoda akan sulit berlayar. Jadi perlu kesepakatan dan pembicaraan lebih lanjut mengenai hal ini.

Bawa dalam doa ya, non. Setidaknya satu indikator baik sudah terlihat: menjadi lebih semangat (lebih dekat) dalam Tuhan Smile. Tinggal cek indikator2 lainnya:
1. Mengalami damai sejahtera.
2. Makin maju dalam pekerjaan, pelayanan, kehidupan sosial.

Untuk lengkapnya boleh baca ke

http://www.jawaban.com/news/relationship/detail.php?id_news=090320175621

Gbu.

Latest update by archaengela on 14 May 2009 19:21:02

enjie (JC Fever)

15 May 2009 15:32:25

jesusfreak
errr..bener jg sih yah..

nah klo mnrt kalian, klo seseorg pindah (kristen ke katolik ato sebaliknya) apakah itu masuk dlm "mengkhianati" Tuhan ato agama ? (mengacu pada perbedaan2 yang ada di dalamnya)..

gw sendiri selama ini jadi berusaha ngeliatin ajaran kedua belah pihak, tp mau ga mau gw ga fair dong, pastinya masih so yakin dgn gw punya, dan gw rasa hal itu mungkin yg bikin jadinya gw ga pnh ngerasain damai sejahtera itu ketika gw lagi di tempat "yang lain".

gw ga pengen putus konyol karena hal yg ternyata "sama-sama aja", karena org ini menurut gw udah ok, jarang2 bisa ketemu cowo kya giniLaughing

awal2 kenal, gw yang tadinya lagi males2an dan jelek bgt hub sama Tuhan, malah jadi semangat karena dia semangatin terus.. Hal itu yg bikin gw jadi pertimbangin mau sama dia, walaupun kita "beda". Sampe sekarang pun masi sering doa bareng dll.. Tapi ya sisi "jelek"nya yah itu, dia sendiri kuat jg rohaninya huahaha.. jadinya keras2an deh..

*duh jadi curhat hikss... Crying or Very sad

thx bwt tanggapannya yaahh


Itu bukan mengkhianati Tuhan kali bro, kalo mengkhianati doktrin mungkin iya Smile. Tuhannya kan tetep sama, cuma cara ibadahnya yg berbeda.

Cara buat peleburan beda doktrin ya harus sering2 komunikasi. Mumpung sekarang belum masuk ke pernikahan, coba aja bikin jadwal idabah wama2 trus setelah itu saling tukar pendapat. Misal: hari Minggu A ke gereja Kristen, trus Minggu B ke gereja Katolik. Setelah itu, apa yg menjadi ketidak-cocokan masing2 ungkapin dengan terbuka, sambil cari solusinya. Pasti bisa kok, kalo saling mengedepankan kepentingan bersama dan bukan ego masing2.

Kalo setelah menikah nanti salah satunya kangen dengan cara ibadah yg lama kan juga bisa sesekali berkunjung ibadah ke t4nya dulu. Yg penting, dalam pertumbuhan rohaninya, harus ada 1 gereja yg menaungi secara sah agar bisa menjadi jemaat yg bertumbuh, bukan jemaat yg cuma pindah2 gereja aja.

Latest update by enjie on 15 May 2009 15:32:25

htfiles (Newbie)

19 May 2009 00:58:59

kalo pihak kristen sih ga masalah n always open minded, yg penting sama2 Jesus.

tapi si katolik ini yang suka rese.
katolik kan merasa, mereka satu2nya grj tubuh tuhan yg benar..dan di luar mereka itu ga benar,palsu.

yang penting asal si katolik mau ikut cara nya kristen yg udah ga kolot tsb, itu lebih bagus.

Latest update by htfiles on 19 May 2009 00:58:59

archaengela (JC Fever)

19 May 2009 16:27:15

Segala sesuatu tergantung orangnya kog. Ga selalu yang kristen yang ga masalah, bisa juga yang kristen yang masalah hahahaha. Intinya adalah diskusi yang tuntas dan menyeluruh aja. Ga semua orang katolik berpikir seperti yang kamu tulis kog. Banyak juga orang katolik yang berpikir bahwa asal iman kepada Kristus ya gereja Tuhan yang benar Smile. Jangan digeneralisasi ya karena beda orang bisa beda pemikiran dan cara pandang.

htfiles
kalo pihak kristen sih ga masalah n always open minded, yg penting sama2 Jesus.

tapi si katolik ini yang suka rese.
katolik kan merasa, mereka satu2nya grj tubuh tuhan yg benar..dan di luar mereka itu ga benar,palsu.

yang penting asal si katolik mau ikut cara nya kristen yg udah ga kolot tsb, itu lebih bagus.

Latest update by archaengela on 19 May 2009 16:27:15

HMph (JC Palz)

20 May 2009 07:37:38

archaengela
Segala sesuatu tergantung orangnya kog. Ga selalu yang kristen yang ga masalah, bisa juga yang kristen yang masalah hahahaha. Intinya adalah diskusi yang tuntas dan menyeluruh aja. Ga semua orang katolik berpikir seperti yang kamu tulis kog. Banyak juga orang katolik yang berpikir bahwa asal iman kepada Kristus ya gereja Tuhan yang benar Smile. Jangan digeneralisasi ya karena beda orang bisa beda pemikiran dan cara pandang.

htfiles
kalo pihak kristen sih ga masalah n always open minded, yg penting sama2 Jesus.

tapi si katolik ini yang suka rese.
katolik kan merasa, mereka satu2nya grj tubuh tuhan yg benar..dan di luar mereka itu ga benar,palsu.

yang penting asal si katolik mau ikut cara nya kristen yg udah ga kolot tsb, itu lebih bagus.


setuju ama ci santi...ga semua orang katolik kayak gitu..banyak juga kok yang pikirannya terbuka...

Latest update by HMph on 20 May 2009 07:37:38

htfiles (Newbie)

20 May 2009 10:24:15

ah..itu mah cuma berlaku ama katolik yg otak nya belom di doktrin ama pastor nya.

coba u tanya ama pastor nya...dia pasti akan jawab dng jujur pandangan katolik ttg gereja di luar mereka.
bahwa gereja lain itu bukan lah tubuh kristus, dan hanya mereka satu2 nya gereja yg selamat n benar.

Latest update by htfiles on 20 May 2009 10:24:15