fotoku.jawaban.com | Solusi Life | OBI | Iklan Baris | Video Library | Prayfor | English Article
Register | Login | Forget Pwd
Etika Posting

Cloud (JCer)

04 July 2007 12:45:22

hmm di dalam kepercayaan kristen terdapat beberapa aliran antara lain Calvinism dan Aremenianism


Penjelasan singkat mengenai aliran Calvinist :

Calvinism is a theological system and an approach to the Christian life that emphasizes the rule of God over all things.[1] Named after John Calvin, it falls within the realm of Protestant Christianity and is sometimes called the Reformed tradition, the Reformed faith, or Reformed theology.[2]

The Reformed tradition was advanced by theologians such as Martin Bucer, Heinrich Bullinger, Peter Martyr Vermigli, and Huldrych Zwingli and also influenced English reformers such as Thomas Cranmer and John Jewel. Yet due to John Calvin's great influence and role in the confessional and ecclesiastical debates throughout the 17th century, the tradition generally became known as Calvinism. Today, this term also refers to the doctrines and practices of the Reformed churches, of which Calvin was an early leader, and the system is best known for its doctrines of predestination and total depravity.

Penjelasan singkat mengenai Aremian :

The theological and political movement called Arminianism was begun by Jacob Arminius and revised and pursued by the Remonstrants. Arminius rejected several tenets of the Calvinist doctrines of salvation — namely, the latter four of what would later be known as the five points of Calvinism — while the Remonstrants also rejected one other point, namely, total depravity. The term "Arminianism" often serves as an umbrella term for both Arminius's doctrine and the Remonstrants', but Arminius's followers sometimes distinguish themselves as "reformed Arminians."

The Remonstrants' doctrine was condemned at the Synod of Dort, and neither the Remonstrant's nor Arminius's followers are commonly considered Calvinists. The Remonstrant view is relatively common in Evangelicalism, and Arminius's system was revived by John Wesley and is common particularly in Methodism.



Anda ikut yang mana??

salah satu perbedaan mencolok adalah :

Calvinism --> mengatakan bahwa keselamatan tidak bisa hilang
Armenian --> keselamtan bisa hilang

masing-masing aliran mempunyai dasar2 ayat Alkitab, anda penganut yang mana?? Terus silakan berikan opini, kesaksian pribadi mengapa anda mengikuti alitan tersebut di threat yang lain yaitu For Calvinist !! , dan For Armenian !!.

Terima Kasih

Latest update by Cloud on 04 July 2007 12:45:22

moe (JC Fever)

04 July 2007 15:14:19

Gambar
Shot at 2007-07-04

Latest update by moe on 04 July 2007 15:14:19

boneng (JCer)

04 July 2007 19:57:32

Syalom,


Tidak penting apakah anda seorang Calvinist atau Armenian. Kedua doktrin tersebut berangkat dari latar belakang dan sudut pandang yang berbeda. Lagi pula, mengapa harus selalu terpolarisasi dalam dua kutub?


Saya sendiri tidak menganut Calvinisme dan Armenianisme, tetapi menempatkan diri saya ditengah-tengah diantara kedua doktrin tersebut. Lagi pula apakah semua orang harus menjadi Calvinist? Atau Armenian?


Saya percaya kekristenan bukanlah agama purba/kuno yang terlalu menekankan takdir/predestinasi, Tetapi keristenan juga tidak menempatkan kehendak bebas manusia secara kebablasan sehingga menjadikan manusia sebagai Tuhan, seperti yang diyakini oleh agama-agama post modern, seperti New Age.


Memang segala sesuatu sudah dalam blue print atau rencana ALLAH, tetapi tetap melibatkan peran aktif dan kehendak bebas manusia. Sebab keselamatan sendiri adalah sebuah pilihan, apalagi doktrin-doktrin yang membuat bingung gereja, menjadi tanggung jawab anda untuk meyakininya atau tidak dan melihat sejauh mana doktrin-doktrin tersebut dapat membangun karakter kerohanian anda.


Yang terpenting, keselamatan memang diperoleh melalui iman kepada Kristus, tetapi keberhasilan kehidupan kekristenan juga ditentukan oleh ketaatan terhadap perintah-perintah ALLAH.






Salam,

Latest update by boneng on 04 July 2007 19:57:32

ma_donna (JC Fever)

05 July 2007 12:01:53

Anda ikut yang mana??
salah satu perbedaan mencolok adalah :
Calvinism --> mengatakan bahwa keselamatan tidak bisa hilang
Armenian --> keselamtan bisa hilang
masing-masing aliran mempunyai dasar2 ayat Alkitab, anda penganut yang mana?? Terus silakan berikan opini, kesaksian pribadi mengapa anda mengikuti alitan tersebut di threat yang lain yaitu For Calvinist !! , dan For Armenian !!.
Terima Kasih


Ikut Tuhan Yesus aja ah Laughing
Kalo yang selama ini aku pegang erat:
Keselamatan bagi orang yang telah benar2 diselamatkan /bukan ngaku ngaku/merasa diselamatkan tidak bisa hilang, aku pribadi mengimani demikian
Yesus tidak akan melepaskan kepunyaanNya aku & (sodara?)tlh ditebusNya dengan cara yang terlalu sangat dan sangat muuuaaahal harus dg hidupNya,menyerahkan nyawaNya,aku mengimani demikian.
Roh Tuhan yang akan menolong , memapukan,dan memberikan hati yang taat akan FirmanNya sehingga memiliki hati yang 'eman eman/sayang' untuk mempermainkan kasih Tuhan, jadi semua dikaryakan Tuhan, digerakkan Tuhan, diubahkan oleh Roh Tuhan.
Oleh karenanya perlu sekali pengurapan Roh Tuhan, Kuasa Roh Tuhan yang harus diperbaruhi stp hari.

Masuk doktrin yang mana?
Tidak mengerti, ttp itu yang Tuhan tanamkan dlm hatiku

Latest update by ma_donna on 05 July 2007 12:01:53

flowman1 (JC Palz)

08 July 2007 22:04:16

Cloud
hmm di dalam kepercayaan kristen terdapat beberapa aliran antara lain Calvinism dan Aremenianism


Anda ikut yang mana??

salah satu perbedaan mencolok adalah :

Calvinism --> mengatakan bahwa keselamatan tidak bisa hilang
Armenian --> keselamtan bisa hilang

masing-masing aliran mempunyai dasar2 ayat Alkitab, anda penganut yang mana?? Terus silakan berikan opini, kesaksian pribadi mengapa anda mengikuti alitan tersebut di threat yang lain yaitu For Calvinist !! , dan For Armenian !!.

Terima Kasih


dua hal yg (mungkin paling) menarik.
cuma yah harus paham dulu hehehehe...
pake bhs indo aja, gak ngerti neh ...
belajar pengetahuan konsep gpp kan ... oke2 aja

Latest update by flowman1 on 08 July 2007 22:04:16

moe (JC Fever)

12 April 2008 13:30:00

Reborn!

Ada kaitannya dengan diskusi disini

Latest update by moe on 12 April 2008 13:30:00

v2 ho (JC Lover)

12 April 2008 14:31:52

OOT..........ikut pak'e Moe ajaaaaaaaaaaaa

Latest update by v2 ho on 12 April 2008 14:31:52

hippo (JC Palz)

12 April 2008 15:55:59

Pandangan yang anda tuliskan diatas bukanlah pandangan Arminius tetapi pandangan Armenianisme. Harus dibedakan secara jelas pandangan James Arminius (dianggap pendiri armenianisme) dan Armenianisme (merupakan kumpulan pandangan orang2 yang menganggap dirinya murid Armenius, tetapi sebenarnya tidak mengadopsi pemikiran James Arminius secara keseluruhan dan benar.)

Oleh karena hal ini saya lebih memegang pandangan James Arminius daripada Remonstrantnya (orang2 yang menganggap dirinya murid Arminius). Dan jelas pandangan Arminius berbeda dengan pandangan Armenianisme.

Latest update by hippo on 12 April 2008 15:55:59

debora2972 (JC Palz)

16 April 2008 13:33:10

ikut Tuhan Yesus juga ah!
gak masalah mau calvinis atau armenian yg penting dua2nya percaya Yesus

Latest update by debora2972 on 16 April 2008 13:33:10

v2 ho (JC Lover)

16 April 2008 16:57:12

Iya salah ...ikut Yesus...... hahaha mau doktrin siapapun gak perduli deh.

Latest update by v2 ho on 16 April 2008 16:57:12

hippo (JC Palz)

16 April 2008 23:46:47

mmmm..... bukankah doktrin itu penting. Misalnya saja anaknya tante V2 ho bertanya, ma Allah itu ada satu atau tiga sih ? Kan ada Bapa, Putera, Dan Roh Kudus, tapi katanya mereka satu. Jadi yang benar mereka satu atau tiga ?

Apa mau dijawab, yang penting ikut Yesus ya.

Atau kalau ditanya ma, apa buktinya kalau Yesus itu Allah ?

Apa mau dijawab yang penting ikut Yesus juga.

Mau tidak mau akhirnya kita harus bersentuhan dengan Doktrin. Dan sebenarnya ketika kita mempelajari Doktrin yang kita pelajari adalah sejarah pemikiran orang-orang kristen yang telah mendahului kita.

Paulus pasti akan menangis dengan sangat tersedu-sedu kalau semua orang kristen tidak lagi mempedulikan dokrtrin. Bayangkan dia menghabiskan satu kitab roma hanya untuk membangun doktrin mengenai anugerah dan keselamatan.

Kalau kita malas belajar atau kita malas untuk berpusing-pusing, lebih baik mengatakan demikian, tetapi janganlah kita mengatakan yang penting ikut Yesus sebagai alasan menyepelekan doktrin.

Banyak orang diluar sana yang mengakui Yesus Kristus Tuhan dan Juru Selamat. Tetapi banyak yang tidak sadar makna sebenarnya dari pengakuan ini, mengapa ? Karena mereka tidak memiliki doktrin yang benar.

Jadi tolong jangan meremehkan doktrin, bila anda mau sedikit belajar sejarah gereja. Anda akan tahu berapa banyak nyawa yang harus melayang demi sekedar untuk mempertahankan doktrin yang benar. Jangan biarkan darah para orang kudus yang mendahului kita sia-sia, hanya karena kita malas untuk belajar doktrin.

Doktrin itu penting, karena dari situlah pengenalan kita akan Allah akan dibangun setahap demi setahap. Tanpa doktrin, bagaimana anda mengenal Allah ?Menutup mata dan berbahasa roh saja ? Bahkan untuk berdoa sekalipun anda harus belajar doktrin tentang doa. Anda tahu adanya bahasa roh sekalipun karena ada yang membangun doktrin itu.

Kalau martin luther tidak bersusah payah berdebat doktrin dengan roma katolik, sampai hari ini kita masih harus memberikan uang agar dosa kita dihapuskan. sampai hari ini kita masih tidak bisa membaca Alkitab.

Ketidakpedulian akan doktrin membuat gereja akhirnya masuk dalam jaman kegelapan. Karena jemaat seperti kerbau yang dicucuk hidungnya, ikut apa saja yang dikatakan pendetanya. Jemaat tidak memiliki dasar untuk mengkritisi pesan yang disampaikan pendetanya.

So please tolong hargai doktrin.

Latest update by hippo on 16 April 2008 23:46:47