fotoku.jawaban.com | Solusi Life | OBI | Iklan Baris | Video Library | Prayfor | English Article
Register | Login | Forget Pwd
Etika Posting

andrew (Newbie)

25 October 2006 13:30:24

Shallom.....
Apa yg akan saya bagikan berikut ini mungkin akan mengguncangkan iman sebagian orang, tetapi kebenaran tetap kebenaran, dan kita harus membagikannya.

Matius 15:7-9
Ahli taurat dan orang Farisi adalah orang2 yg SANGAT menjalankan ibadah, tetapi apa kata Yesus? PERCUMA mereka beribadah (ternyata ibadah bisa percuma)
apa penyebabnya?

Pertama, ayat 8, mereka tidak melakukannya dengan HATI! saat ke gereja apakah kita memberikan persembahan dengan hati? apakah kita menaikkan pujian & penyembahan dengan hati? apakah kita pergi ke gereja dengan hati? atau karena tradisi dan kebiasaan. Hati-hati jangan sampai apa yg kita lakukan dianggap percuma oleh Tuhan.

Kedua, ayat 9, ibadah mereka adalah perintah manusia. Apakah ibadah kita adalah perintah manusia or perintah Allah (melalui Alkitab)?
Ketika mendengar kata "IBADAH" apa yg terlintas di pikiran kita? pada hari minggu pergi ke gereja, kemudian 5D (datang, duduk, diam, dengar, duit), bagi org protestan/katolik = datang, ikut liturgi, Firman, kolekte, pulang. Bagi org pentakosta/karismatik = 1 lagu lambat, 3 lagu cepat, 1 lagu lambat, Firman, pengumuman, kolekte, pulang. Kalau itu pengertian ibadah yg ada dlm pikiran saudara, hati2 ibadah sdr dianggap percuma. TIDAK ADA MODEL IBADAH YG KITA LAKUKAN DI GEREJA KITA MASING-2 (HARI MINGGU) DI DALAM ALKITAB. Itu perintah manusia, ITU BUKAN IBADAH YG ALKITAB MAKSUDKAN!!! Itu adalah kebaktian (walaupun bisa dikategorikan ibadah).
Jangan cepat2 mengecap saya sesat atau bidat, renungkan dahulu apa yg saya bagikan berikut ini, selanjutnya silahkan berikan penilaian masing2.
Jadi apa yg Alkitab katakan mengenai ibadah?

1. Roma 12:1,
Tidak ada ayat lain di dalam PB yg menyatakan ibadah yg sejati selain ayat ini. Jadi kalo mau ibadah sdr ditanggung kesejatiannya lakukan ayat ini. Yg lain? mungkin baik, mungkin berkenan, tetapi tidak ditanggung kesejatiannya, sebab hanya 1 ayat yg menyatakan ibadah yg sejati.
Ayat ini menegaskan bahwa ibadah bukanlah sekedar kebaktian hari minggu, tetapi persembahan setiap anggota tubuh sebagai senjata kebenaran (Rom 6:12-13). Itu berbicara kehidupan sehari-hari, percuma rajin ke gereja hari minggu tetapi hari senin-sabtu terus hidup di dalam dosa. Hai para wanita, bagaimana caramu berpakaian? Hai para pria, kau pergunakan untuk apa matamu? membaca Firman (Ini adalah ibadah) atau menonton film porno?
Lebih lanjut lagi, Mat 5:29-30, apakah kita benar2 disuruh mencungkil mata dan memotong lengan? TENTU SAJA TIDAK, itu hanya menegaskan bahwa satu bagian tubuh kita dapat mencemarkan seluruh kehidupan kita!
Ayat terakhir untuk bagian ini: Yak 1:26, ternyata siapa yg tdk mengekang lidahnya, ibadahnya dianggap sia-sia.

2. Yak 1:27,
Tidak ada ayat lain di dalam PB yg menyatakan ibadah yg murni selain ayat ini. Jadi kalo mau ibadah sdr dijamin kemurniannya, lakukan ayat ini. Yg lain (termasuk ibadah hr minggu)? mungkin baik, mungkin berkenan, tetapi tidak dijamin kemurniannya, sebab Alkitab hanya menjamin ayat ini sebagai ibadah yg murni.
Siapakah janda & yatim? Yaitu mereka dari golongan tertindas, terbuang, terkebelakang, ter.., ter..., dan orang yang miskin.
Jujur, apakah kita MEMANUSIAKAN MANUSIA? apakah kita menghormati si kaya dan menutup mata bagi si miskin? Gerejapun melakukan hal yg sama. Kalo jemaat yg sakit adlh org kaya, cepat2 dikunjungi, tetapi bila org miskin, hehehe.... kalo sempat!
Maaf, di mata Tuhan, tukang beca, pembantu, gelandangan TIDAK LEBIH BURUK ketimbang anak sdr sendiri.

Apakah kumpul2 sesama org Kristen tidak disebut ibadah? Tenang, ternyata Alkitab juga mencatat tentang ibadah dalam model persekutuan.

3. Ibrani 10:24-25,
"Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan2 ibadah kita." kita sering mendengar pdt memakai ayat ini utk 'mengancam' jemaat untuk datang beribadah hari minggu. Tetapi apakah mrk berhak memakai ayat ini? coba perhatikan model ibadah spt apa yg tdk boleh ditinggalkan? SALING MEMPERHATIKAN, SALING MENDORONG, SALING MENGASIHI, SALING..., SALING... JADI Ibadah yg tidak boleh ditinggalkan adalah IBADAH SALING, bukan model ibadah spt yg kita lakukan pd hari minggu. Di dalam ibadah hr minggu kita tdk saling kenal, bgmn mungkin bisa saling menolong, saling menasehati dan saling-saling yg lain.
Perhatikan 1 Kor 14:26 (Peraturan dalam pertemuan jemaat), ini adalah model ibadah yg diajarkan Alkitab. SETIAP org MEMBERI (mempersembahkan sesuatu) dgn tujuan MEMBANGUN tubuh Kristus. Inilah setting ibadah yg benar (Saling, dgn tujuan Membangun), BUKAN HANYA MENERIMA spt apa yg kita lakukan pd ibadah hari minggu.
Kita tdk dilatih untuk mempersembahkan sesuatu, itulah sebabnya jemaat selalu hanya meminta pelayanan dari pendetanya, tetapi tidak mau untuk melayani. Salah siapa? MAAF bila saya hrs berkata keras "SALAH GEREJA KARENA SUDAH MEMBIASAKAN JEMAAT HANYA UNTUK MENERIMA"
Terakhir, di dalam PB ada 2 ayat yg secara eksplisit mengajarkan tentang pujian & penyembahan:
a. Efesus 5:19-21, perhatikan kata "Seorang kepada yg lain" (Saling)
b. Kolose 3:16, perhatikan kata "Seorang akan yg lain" (Saling)
Jadi di dalam pujian & penyembahan-pun Alkitab mengajar untuk kita melakukannya di dalam bentuk SALING.

Harap diperhatikan, saya tidak anti gereja hari minggu, tetapi apabila hanya itu yg kita lakukan, dan kita beranggapan bahwa kita sudah beribadah, jangan-2 ibadah kita dianggap PERCUMA.

Latest update by andrew on 25 October 2006 13:30:24

gr4c3_love@yahoo.co. (JCer)

29 October 2006 19:57:05

Jadi maksud sodara yang sebenarnya tuh apa...?

Emang ibadah yg sejati adalah ketika kita membawah tubuh kita jadi persembahan yg hidup,yang kudus dan yang berkenan kepada Allah (tak bercacat).

Tp byk member yg mengatakan klo kita tdk akan pernah hidup kudus krn masih dlm daging?,dan itu artinya juga bahwa selama kita menumpang didunia ini kita tdk akan pernah mampu beribadah yang sejati donk yah????...gimana nich???...apa ia nggak bisa hidup kudus sehingga ibadah kita benar2 diterima Allah????.

Latest update by gr4c3_love@yahoo.co. on 29 October 2006 19:57:05