JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Alkitab dan Uang: 10 Tips Finansial berdasarkan Firman Tuhan

FRIDAY, 08 MARCH 2013

Total View : 6942 times


Panduan keuangan bertebaran di mana-mana, namun kita sebagai orang Kristen mengerti bahwa Alkitab adalah panduan terbaik untuk semua aspek kehidupan,termasuk keuangan. Nasihat Allah mengenai uang dipaparkan salah satunya melalui cerita orang kaya dan orang miskin, yang disertai dengan pemahaman yang mendobrak hikmat manusiawi.

Alkitab memberitahu kita bagaimana cara menjadi pribadi yang mencukupkan diri dengan uang yang ada, berbelanja dengan bijaksana, membuat perencanaan jangka panjang, memberi dan berbagi dengan murah hati, serta melatih diri untuk menikmati setiap uang yang ada. Berikut ini 10 tips keuangan berdasarkan Alkitab:

#1 Ingatlah bahwa Allah-lah yang menciptakan kekayaan

Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini. (Ulangan 8:18)

 

#2 Saat Anda merasa diri Anda sudah cukup kaya, mengucap syukurlah kepada Tuhan

Beginilah firman TUHAN: "… janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya, tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN." (Yeremia 9:23-24)

 

#3 Persiapkan tabungan untuk keturunan Anda

Orang baik meninggalkan warisan bagi anak cucunya, tetapi kekayaan orang berdosa disimpan bagi orang benar. (Amsal 13:22)

 

#4  Bebaskan diri Anda dari hutang dan tunggakan

Orang miskin dikuasai oleh orang kaya; orang yang meminjam dikuasai oleh orang yang meminjamkan. (Amsal 22:7, BIS)

 

#5 Waspada akan sifat rakus/tamak

Hati-hatilah! Jangan mengingini apa yang tidak kaumiliki. Karena hidup yang sesungguhnya sama sekali tidak bergantung pada besarnya kekayaan kita. (Lukas 12:15, FAYH)

 

#6 Ingatlah bahwa uang bukanlah kejahatan; tetapi mencintai uang adalah kejahatan

Karena cinta akan uang adalah langkah pertama menuju kepada segala jenis dosa. Bahkan beberapa orang berpaling dari Allah karena cinta akan uang. Akibatnya, mereka mencelakakan diri sendiri. (1 Timotius 6:10, FAYH)

 

#7 Kembalikan harta Anda kepada Allah

Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu (Amsal 3:9)

 

#8 Sadarilah, bahwa segala sesuatu adalah kepunyaan Allah

Tanahmu tidak boleh dijual untuk seterusnya, sebab tanah itu bukan milikmu, melainkan milik Allah. Kamu hanya seperti orang asing yang mendapat izin untuk memakai tanah itu. (Imamat 25:23, BIS)

 

#9 Posisikan Allah terlebih dahulu sebelum uang

Jadi, usahakanlah dahulu supaya Allah memerintah atas hidupmu dan lakukanlah kehendak-Nya. Maka semua yang lain akan diberikan Allah juga kepadamu. (Matius 6:33, BIS)

 

#10 Hitunglah seberapa besar uang yang akan Anda keluarkan

Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu? (Lukas 14:28)

 

Baca juga artikel lainnya:

Hari Tanpa Mencolok Kabel se-AS: 6 Alasan untuk Bebas dari Teknologi

Melangkah dari Masa Lalu

Kisah Nyata Betco: Pria Playboy yang Suka Meniduri Wanita

Lima Film Terpopuler tentang Yesus versi Jawaban.com

Jika Aku Adalah Iblis

Sumber : adaptasi dari BeliefNet.com | yk


Dukung Pelayanan CBN
Share Your Story


Add Your Comment

Nickname
Email
Comment

  • * mayaka

    2013-06-23 14:51:16
    Alkitab itu kaya akan berbagai pengetahuan. Dari Alkitab, kita belajar hidup berkemenangan dalam masalah finansial. Tapi pastinya harus taat..