JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Bisnis Daur Ulang, Selamatkan Alam Menghasilkan Uang

WEDNESDAY, 20 FEBRUARY 2013

Total View : 7524 times


Beberapa tahun terakhir usaha daur ulang mulai menjadi primadona karena menjanjikan keuntungan yang cukup lumayan. Bisnis daur ulang selain menjanjikan keuntungan juga memberi sumbangsih untuk penyelamatan lingkungan. Tetapi apa sajakah bisnis daur ulang itu? Simak disini, Jawaban.com menyajikan beberapa jenis usaha daur ulang yang bisa menjadi pilihan.

Daur ulang kemasan plastik

Daur ulang jenis ini memang butuh keahlian dan ketekunan. Jika Anda melihat kemasan kopi, makanan ataupun deterjen dibuang, maka ditangan pengrajin bisa diubah menjadi produk seperti tas, dompet, tempat tissue, dan banyak produk bermanfaat lainnya. Kesulitannya hanyalah masalah pemasaran, mengingat masyarakat belum terbiasa dengan produk jenis ini. Namun jika masyarakat dapat memahami tujuan dari usaha ini dengan baik, maka bisnis ini menjanjikan peluang yang sangat besar.

Daur ulang ban bekas

Dengan pesatnya jumlah pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun mobil, maka bagi pengusaha daur ulang ban bekas seharusnya tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari bahan baku. Limbah ban bekas dapat diolah menjadi beberapa produk yang dapat diolah kembali, seperti serbuk ban juga serat tembaga dan besi dalam ban. Untuk serbuk ban, selain dapat diolah kembali menjadi ban baru, dapat juga digunakan pembuatan alas sepatu. Sedangkan untuk serat tembaga dan besi yang ada di ban dapat diolah kembali menjadi produk logam.

Daur ulang limbah konveksi

Di daerah industri, Anda akan menemukan banyak usaha konveksi. Disana Anda akan menjumpai banyak limbah konveksi, yaitu kain perca. Kain perca ini ternyata menyimpan peluang bisnis jika diolah kembali menjadi kerajinan seperti boneka atau dikreasikan menjadi berbagai macam produk seperti sarung bantal, selimut atau penutup gallon air.

Daur ulang sampah elektronik

Jenis usaha daur ulang ini menjanjikan keuntungan besar, sayangnya jika tidak bijaksana dan berhati-hati malah dampaknya bisa buruk terhadap lingkungan, karena sampah elektronik mengandung banyak zat yang dapat meracuni air dan tanah. Sampah elektronik mengandung logam berat seperti timah, tembaga, kaleng, silicon, merkuri, lithium, germanium, nikel bahkan emas. Jika sampah jenis ini dibakar dapat menimbulkan polusi udara, dan jika dibiarkan diluar ruangan dan terguyur hujan, kandungan zat beracunnya akan meresap ke tanah dan aliran air.

Salah satu kandungan logam yang paling diincar dalam perangkat elektronik adalah emas, karena logam emas adalah konduktor yang paling baik dan paling sering digunakan pada komponen elektronik seperti prosesor, IC, PCB, Harddisk, dll. Untuk memproses komponen bekas dan memisahkan emasnya harus melewati proses yang cukup rumit serta membutuhkan perhatian ekstra karena menggunakan zat kimia yang dapat membahayakan lingkungan seperti air raksa dan juga asam nitrit. Untuk itu, jenis daur ulang ini tidak terlalu disarankan dalam skala yang kecil dan cara tradisional.

Ini baru sedikit dari peluang usaha daur ulang yang bisa dilakukan. Namun sebelum Anda memutuskan untuk investasi usaha jenis ini, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Bahkan jika memungkinkan, konsultasikan dengan mereka yang sudah terlebih dahulu terjun dalam bidang yang sama. Selamat mencoba.

Baca juga artikel lainnya :

Di Belakang Pemimpin yang Sukses

Pahit Manis Kartu Jakarta Sehat (video)

Mengeja LOVE Dalam Pernikahan

Manfaat Jus Semangka Bagi Kesehatan

Kunjungi Jakarta, Miss World 2012 Seolah di Rumah Sendiri

Mau Investasi di Apartemen? Ini Cara Pilih Yang Potensial

Sumber : Berbagaisumber | Jawaban.com | Puji Astuti


Dukung Pelayanan CBN
Share Your Story


Add Your Comment

Nickname
Email
Comment

  • * Tika

    2013-06-19 11:04:59
    Terima kasih.Infonya usefull bgt.Bumi telah semakin menua & sakit akibat ulah manusia yg sudah dg berani-beraninya hidup dg memanfaatkan apapun yg ada di bumi namun kemudian membalasnya dg membuat kerusakan.bila saja bumi diberi kesempatan untuk berbicara dalam lima kata saja mungkin dia akan berkata " air susu dibala dg air tuba ".Bumi sangat pantas untuk marah kpda kita dg bencana-bencananya.Namun kita belum tentu dapat membalas pemanfaatan apapun yg kita ambil dari bumi.Bumi sangat membutuhkan pertolongan kita. Saya cinta pada usaha apapun demi penyelamatan bumi kita satu-satunya.