Biara Kuno St.Catherine Ingin Dihancurkan Eks Jenderal Mesir
Sumber: shutterstock.com

Internasional / 15 April 2014

Kalangan Sendiri

Biara Kuno St.Catherine Ingin Dihancurkan Eks Jenderal Mesir

Lois Official Writer
3208

Seorang pensiunan jenderal Mesir mengajukan sebuah permohonan hukum untuk menghancurkan biara kuno St. Catherine yang masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Menurutnya, biara kuno yang terletak di wilayah selatan Semenanjung Sinai itu bukan situs bersejarah.

Ahmed Ragai Attiya, pensiunan jenderal tersebut meminta para biarawan Yunani yang tinggal di dalam biara itu dideportasi karena dinilai mengganggu keamanan nasional Mesir. Attiya, pendiri unit operasi khusus angkatan darat Mesir itu mengaku biara tersebut dibangun pada 2006 dan sekarang kawasan di sekitar biara dijadikan ‘surga’ bagi warga asing.

Dia juga menuding para biarawan mengubah nama sejumlah tempat di sekitar biara dan mencoba menyembunyikan sumber air bawah tanah yang dikenal dengan nama Sumur Musa atau Oyun Moussa dalam bahasa Arab.

Pada Mei 2012 lalu, Attiya mendapatkan 71 perintah penghancuran biara tersebut, termasuk sejumlah gereja, tempat tinggal biarawan, taman, dan sejumlah tempat lainnya. Hal ini pun digunakannya untuk menggugat hukum resmi melawan Biara St. Catherine dan 10 institusi Pemerintah Mesir lainnya seperti presiden, kementerian pariwisata, dan gubernur Sinai Selatan.

Saat ini pengadilan memerintahkan sejumlah pakar untuk menentukan apakah Biara St. Catherine benar-benar bersejarah dan apakah benar sebuah sumber air bersih mengalir di bawah bangunan tersebut. “Ini adalah salah satu biara Kristen tertua yang masih dihuni dengan sejarah yang bisa dilacak hingga sebelum abad ke-16,” ujar kuasa hukum biara St. Catherine, Ihab Ramzy. Biara St. Catherine diyakini dibangun antara tahun 548 hingga 565.

 

Baca juga :

Main Game Online yang Murah? Ini Cara Menyiasatinya

Tanda Anda Hanya Dijadikan Pelarian

Captain America VS The Winter Soldier

Miskin Ga Boleh Sakit? Siapa Bilang? Ada BPJS Kok

Berbagai Fungsi Menurun, Lansia Tetap Bisa Sehat Bahagia

Sumber : kompas.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami