JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Survei Gallup: Kaum Ateis Terbanyak di Dunia ada di China

MONDAY, 27 MAY 2013

Total View : 2131 times


Survei terkini yang mengukur pendapat pribadi mengenai kepercayaan menunjukkan bahwa 13 persen warga dunia mengaku ateis, sementara hampir setengah populasi negara China adalah non-believers (orang-orang tidak percaya). Di sisi lain, sifat keagamaan (religiosity) di Amerika Serikat menunjukkan penurunan paling signifikan, dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Survei tahun 2012 ini bertajuk Global Index of Religion and Atheism dan diselenggarakan oleh WIN/Gallup International. Pertanyaan diajukan kepada 50.000 orang di 40 negara berbeda yang mengaku diri mereka sebagai "agamawi", "tidak agamawi", atau "keyakinan sebagai ateis".

Pertanyaan yang diajukan adalah, "Terlepas dari apakah Anda datang ke tempat ibadah atau tidak, apakah Anda menyebut diri Anda sebagai orang yang agamawi, tidak agamawi, atau berkeyakinan sebagai ateis?" Sebanyak 59 persen penduduk dunia mengatakan bahwa mereka merasa sebagai orang yang agamawi, 23 persen mengaku tidak agamawi, sementara yang berkeyakinan sebagai ateis adalah sebanyak 13 persen.

Uniknya, dalan survei ini sekitar 47 persen orang yang tinggal di China mengaku diri mereka adalah ateis. Bukan hal yang terlalu mengherankan mengingat pemerintahan di republik ini memang sudah menganut ateisme semenjak negara tersebut dibangun pada 1949.

Adapun error margin survei ini adalah antara 3 sampai 5 persen.

Selain di China, ateisme juga merebak di Jepan, dimana 31 persen warganya mengaku sebagai ateis. Populasi ateis terbanyak juga tersebar di Republik Ceko, Prancis, Korea Selatan, Jerman, Belanda, Austria, Islandia, Australia, dan Irlandia.

Bahkan di negara-negara Muslim seperti Saudi Arabia, 5 persen warganya mengaku ateis, padahal ateisme di negara itu dianggap sebagai tindak kriminal.

Survei ini juga merilis daftar sepuluh negara di dunia dengan religiosity yang turun drastis sejak tahun 2005: Vietnam, Irlandia, Swiss, Prancis, Afrika Selatan, Islandia, Ekuador, Amerika Serikat, Kanada, dan Austria. Di AS, 73 persen warga mengaku sebagai orang agamawi pada survei tahun 2005. Kemudian, di tahun 2012, jumlahnya menurun menjadi 60 persen.

Sementara daftar 10 negara yang warganya mengaku agamawi adalah sebagai berikut: Ghana, Nigeria, Armenia, Fiji, Makedonia, Romania, Irak, Kenya, Peru, dan Brazil.

Pemimpin Katolik Roma Paus Francis baru-baru ini menyatakan bahwa kaum ateis yang melakukan kebaikan akan ditebus oleh Yesus. Pernyataan kontroversial tersebut disampaikannya secara spontan ketika sedang melayani homily di Roma (22/5).

"Ateis harus dilihat sebagai orang baik jika mereka melakukan kebaikan," kata Paus Francis.

Jika kita kembali kepada Alkitab, kebenarannya tetap satu: "pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus, yang sudah dilimpahkan-Nya kepada kita oleh Yesus Kristus, Juruselamat kita, supaya kita, sebagai orang yang dibenarkan oleh kasih karunia-Nya, berhak menerima hidup yang kekal, sesuai dengan pengharapan kita." (Titus 3:5-7)

 

BACA JUGA:

Paus Francis : Kaum Atheis yang Baik Ditebus oleh Yesus

VIDEO: Dahsyat, Ekspresi Warga China Saat Terima Alkitab Pertama Kalinya

Komunitas Atheis Indonesia Mulai Terang-terangan

Dikritik Tak Pantas Dapat Anugerah World Statesman, Ini Jawaban SBY

Kisah Nyata Christie : Perjalanan Ditinggal Suami, Kena Stroke, dan Jadi Penulis

Belieber! : Ketenaran, Iman, dan Hati Seorang Justin Bieber

Ayah Anak Ini Kompak Jadi Dampak Buat Bangsa

Sumber : CHRISTIAN POST | YK


Mitra CBN

COMMENTS

KONSELING

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * anomim

    2013-06-15 18:46:59
    walaupun mereka mengaku tidak bertuhan, tapi sepengetahuan saya mereka masih percaya dengan mitos-mitos tertentu, seperti kekuatan yang tidak terlihat oleh mata.
  • * sartika

    2013-05-27 20:24:44
    Masih nih, saya ingatkan: negara Amerika mempunyai: Mata uang dollar Amerikanya, pake terutlis "Trust in God", tapi....masih tidka ingatkah ?? bhw Amerika dan menjajah negara dan atanha orang-orang asli Indian --Juga negara Australia, juga negara Kanada, Juga ngr Selandia---pemerintah dan ngr2 sekarang dair ngr2 tsb !! Amerika gembar gembro gereja2, ((Tidakkah ornag-orang skg itu lupa, klu Tanah Ameirka, itu tanha jajahan dan diserobot dan tidka dikembalikan s/d skg ke penduduk asli: yang orang-orang indian, yang aslinya penganut: Animisme, wlu ada pula sekte2 aliran lain dari orang-orang indian selain Animisme)). ---banyak orang bisa jadi lupa dan sengaja melupakan diri (( Apalagi melihat ke mewahan kota-kota di Amerika)). Tapi Tuhan/Allah tidak akan pernah lupa. ---Setiap pememerintahan dan negra-negara di bumi/dunia ini, akan bertanggung jawba pula kepada Tuhan/Allah di hari penghakiman !!
  • * sartika

    2013-05-27 20:14:36
    Mau memberitakan Injil, mau memberitakan Quran, mau memberitakan Tripitaka, mau meberitakan masing2 ajaran dan agama, bagi siapapun pengikutnya ke org2 lain, adalah: sah-sah saja !! Penting: Jangan saling menjatuhkan, jangan saling menjelekkan. mau menganggap "paling bener dan sgt ekstrem/fanatik" --Biarlah u.diri anda masing2 dna diri saya masing2. ---Klupun pny kerinduan memberitakan ke seluruh dunia ke siapapun mans, silakan, monggo.--Masing2 org punya "Panggilan Tuhan/Allah" masing2 akan ke jalur mana: apakah ke jalur sbg: pengikut Kristus, sbg; katolik atau krsiten non aktolik (itu ke sekte mana , diurai lagi), atau mau ke jalur Tuhan, didlm islam, atau ke jalur Tuhan didalam Kepercayaan sifatnya, atau ke jalur Tuhan, diajaran buddha, atau hindu, atau khonghucu atau apapun.---Itu urusan Tuhan sang Khalik pencipta mans, alam semsta dan surga ini dgn maisng2 individu/pribadinya.--Penitng; yg memnyebarkan ajarana agmanya: injil, quran, Tripitaka, dll...dll (( Tidak menjelek-jelekkan ajaran agama dan Keyakinan ornag lain )).--Klu mau menganggap ajaran agama paling bener, Terapkan pada diri anda...anda masing2 dan juga pada diri saya pribadi juga.
  • * sartika

    2013-05-27 17:40:30
    Jadi maksud sy: "Kita jangan terpatri hanya krn: o...orang itu atheis, o...itu pengikut muhammaad lho, o....org itu pengikut kristus yesus lho , dst...", selalu pasti dijamain 100% baik, seolah-olah diluar kita lalu buruk/jahat".--- jangan ! inti: jangan menggeneralisasi = menyama ratakan semua orang, semua manusia. Hanya karena berdasar Agama/tidak berAgama. Seperti saya bilang; yang baik ya baik, yang jahat dan bengis ya jahat dan bengis. maisng-masing kembali ke masing-masing orangnya/manusianya ( sbg; pribadi dan sbg; individunya). Terima kasih. saya tidka membela atheis, tidak membela org2 seiman , atau bukan. Tidak. masing-masing orang bertanngung jawab ke Tuhan/Allahnya masing2 (klu itu orang itu percaya, klu tidak ya....kemb.ke urusan dia, sebagi dirnya dan Tuhan/Allah)( termasuk: saya, termasuk anda....anda semua, siapapun). ---Demikian pula setiap pemerintahan dan negara dari setipa negara pasti akan bertanggung jawab kepada Tuhan/Allah sang pencipta Langit dan bumi dan Alam semesta dan yang menguasainya. Amin.
  • * sartika

    2013-05-27 16:28:37
    Kita juga sudah sehrsnya berpikir dan menelaah: " lalu bagimana sih pandangan org2 asing (scr: individu, scr pribadi) juga secara berkelompok dan rakyat dari msg2 ngr Asing thd pemrthn dan ngr dan rakyat dan org2 org 9scr kelompok) dan scr pribadi thd Indonesia ?? di Segala bidang ?? Tidakkkah anda..anda semua, secara pribadi berpikir dan merenungkan dan mencari jawabnya pula . --- Apa cuma karena dikenal lho: indoenisa itukan negara dengan penududknya yang berAllah lho, yg berTuhan lho = religus dan beragama ?? lalu apakah Konsisten dan seiring dgn Kereligiusannya disegala bidang ??? (Atau cuma bidang: ke Tuhan-an saja ya ???) prakteknya ??? Atau dibidang lain???? --semoga berguna u.kita semua . Biarlah Tuhan Yang MK menuangi kita semua dgn pencerahanNYA selalu dan hati mau diperbaharui selalu. Amin. Terpujilah Allah di sorga, Terpujilah DIA sbg diriNYA sdri (dgn peran dan sebutan: Bapa), maupun sbg: Firman Allah yang menjelma menjadi yesus Kristus dan berkarya dalam nama Yesus Kristus dan hidup yesus kristus dan menyelimatui kita smeua (baiK sbg: peran, pribadi dan sebutan: sbg; putra Allah, Imam Agung Melkisedek, nabi dan rasul, messias). Amin,. Dan Terpujilah Allah sbg: dan dengan dirinYA sbg; RohKudus. Amin. ---Hakekatnya sebagai: Allah, Tuhan Yang Esa, Satu kekal abadi selamanya dan Kudus...kudus dan bertahata di sorga, Alfa dan Omega = Awal dan Akhir = TIada Berkesudahan. Amin. Amin. Amin.