Penelitian : Ini Sebabnya Menangis Dapat Bikin Lega
Sumber: google

Info Sehat / 5 August 2014

Kalangan Sendiri

Penelitian : Ini Sebabnya Menangis Dapat Bikin Lega

Lois Official Writer
8596

Mengapa setelah sebagian besar orang meneteskan air mata, perasaan akan merasa lega? Ilmuwan mendapati bahwa saat menangis air mata yang menetes dapat membersihkan hormon-hormon lebih dalam tubuh, hormon-hormon yang dapat membuat kita galau.

Universitas Minnesota, Amerika, menguji 300 lebih laki-laki dan perempuan untuk mengetahui apakah air mata dapat menghapus hal yang menyesakkan di dada. Tangisan kita akan bercampur dan merasap dalam perasaan, informasi yang dibawa tangisan membuat hormon yang berlebihan tersebut keluar.

Sama seperti bayi, karena sebelumnya selalu ada dalam keadaan nyaman dalam kandungan ibunya, saat lahir ke dunia, dia akna mengalami stress dan menangis untuk pertama kalinya, untuk melepaskan kegalauannya. Tapi beberapa saat kemudian, dia akan lebih tenang. Itu sebabnya, ada banyak orang yang menganggap bayi yang kuat nangisnya, akan lebih kuat tubuhnya. Karena dia melepaskan hormon-hormon yang tak diperlukan.

Air mata yang dimaksud di sini yaitu air mata karena perasaan, yaitu air mata yang menetes saat kita menangis mengenai sesuatu, entahkah itu bahagia ataupun sedih.

Ahli biokimia dari Universitas Minnesota William Ferea mendapati bahwa dalam air mata yang bersifat perasaan, jenis protein lebih besar 20-25 persen dibanding air mata lainnya. Kadar kalium 4x lipat dan kekentalan mangan lebih tinggi 30x lipat dibanding serum. Air mata ini juga banyak mengandung hormon, yaitu hormon kulit adrenal.

Selain itu, ada pula air mata yang akan terjadi sepanjang hidup manusia, air mata yang paling fundamental, yaitu saat mengedipkan mata, maka ia akan membasahi bola mata. Ada pula air mata karena mata mengalami luka atau terkontak dengan benda yang berasal dari luar.

 

Anda mungkin juga tertarik :

Trend Bossless Office, Kantor Tanpa Bos

9 Kebiasaan Orang Indonesia yang Buat Kaya (1/2)

Konsumsi Ini Jika Ingin Pendengaran Tajam

Atas Segala Sesuatu

7 Cara Lepas dari Hubungan yang Disertai Kekerasan

Sumber : erabaru.net by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami