Ingin Mudik Sehat dan Aman? Persiapkan 6 Hal Ini
Sumber: Merdeka.com

Info Sehat / 25 July 2014

Kalangan Sendiri

Ingin Mudik Sehat dan Aman? Persiapkan 6 Hal Ini

Lori Official Writer
2482

Memasuki hari ketiga sebelum hari besar Ramadan, pemudik melalui jalur transportasi darat dan udara masih saja tampak ramai, baik untuk perjalanan dekat atau jauh. Nah, seluruh pemudik tentu berharap agar perjalanan sejak keberangkatan hingga tiba dalam kondisi aman dan sehat bukan?

 

Untuk menikmati perjalanan mudik yang lancar, aman dan sehat tersebut, Anda perlu cermat dan teliti memperhatikan berbagai persiapan dan perlengkapan mudik ini.

 

1. Bagi pemudik yang menempuh perjalanan di atas enam atau delapan jam, sebaiknya persiapkan fisik sebelum berangkat dengan istirahat yang cukup dan hindari aktivitas yang terlalu melelahkan sebelum berangkat mudik.

 

2. Periksa kesehatan terlebih dahulu. Khususnya jika pemudik memiliki riwayat penyakit tertentu. Bawalah perlengkapan P3K yang bisa dipakai seluruh keluarga. Contohnya obat anti mabuk darat, obat sakit kepala, obat flu dan batuk, obat diare, dan vitamin C berdosis tinggi. Bawa juga obat-obat pribadi yang khusus, seperti obat asma, alergi, dan sebagainya.obat-obatan sesuai kebutuhan.

 

3. Selama perjalanan mudik, pengemudi dan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua disarankan beristirahatlah setiap dua jam untuk menyengarkan kembali tubuh dan meregangkan peredaran darah kembali. Carilah tempat istirahat yang aman seperti kantor polisi atau tempat-tempat keramaian.

 

4. Jika ngantuk menyerang, jangan memaksa terus menyetir. Tepikan kendaraan dan  tidurlah hingga badan terasa segar kembali.

 

5. Jika sewaktu-waktu mengalami gangguan kesehatan seperti mual, pusing dan gangguan pencernaan lainnya, maka manfaatkan pos kesehatan dan minta bantuan paramedis yang berjaga di pos-pos mudik yang tersedia.

 

6. Poin yang tak kalah penting adalah bungkus setiap langkah perjalanan dan rencana Anda dalam doa agar Tuhan tetap menjaga dan menuntun Anda hingga tiba dengan selamat di kampung halaman dan bertemu dengan seluruh sanak saudara.

Poin-poin aman dan sehat di atas juga diharapkan dapat dipatuhi para pemudik saat kembali ke kediaman masing-masing.Kiranya setiap kita dapat menikmati waktu kebersamaan bersama keluarga besar dalam kondisi sehat dan bahagia.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Rokok Ancam Anak-anak, Pemerintah Didesak Ratifikasi FCTC

Hipertensi Perburuk Kondisi Emosi Penderita

Sri Hartati, Tinggalkan Pekerjaan Demi Selamatkan Anak Dari Narkoba

Inilah Beragam Kiriman Ucapan Selamat Untuk Jokowi

Gereja Ortodoks Yunani Tampung Pengungsi Muslim Gaza


Sumber : Berbagai Sumebr/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami