Hindari Usus Buntu Dengan Toilet Jongkok

Info Sehat / 21 February 2014

Kalangan Sendiri

Hindari Usus Buntu Dengan Toilet Jongkok

daniel.tanamal Official Writer
5698

Ternyata jenis toilet yang kita pakai turut mempengaruhi kesehatan kita, terutama terhadap kemungkinan besar terkena usus buntu. Diantara dua jenis toilet yaitu jongkok dan duduk ternyata mempunyai anjuran tersendiri.

Henry L. Bockus, seperti dikutip dari jurnal Gastroenterology menyatakan juga bahwa jongkok merupakan posisi yang paling tepat dan direkomendasikan untuk buang air besar.

"Posisi ideal untuk buang air besar adalah jongkok dengan paha tertekuk pada perut. Dengan cara ini kapasitas rongga perut sangat berkurang dan tekanan intra-abdomen meningkat, sehingga akan lebih mendorong pengeluaran feses."

Seperti diketahui ketika Anda buang air besar, otot puborectalis mengendurkan tekanannya di rektum untuk memungkinkan feses keluar. Dalam posisi duduk, tekanan yang ada hanya mengendur sebagian. Sementara dalam posisi jongkok, tekanannya mengendur dan rileks dengan sempurna sehingga memudahkan proses pengeluaran feses.

Selain itu posisi duduk, apalagi jika duduk dengan posisi biasa dan tegak lurus 90 derajat, justru membuat proses buang air besar menjadi lebih sulit untuk dilakukan dan tenaga yang dibutuhkan juga menjadi lebih besar.

Penggunaan toilet dianggap memainkan peran besar sebagai faktor risiko beberapa penyakit seperti sembelit, wasir dan radang usus buntu. Hal ini didukung ini oleh pengamatan bahwa di negara-negara terbelakang yang masih terbiasa jongkok untuk buang air besar prevalensinya untuk penyakit-penyakit tersebut rendah. Sebaliknya, negara-negara maju yang terbiasa menggunakan toilet duduk justru prevalensinya terus meningkat.





 

Sumber : detikhealth
Halaman :
1

Ikuti Kami