5 Pantangan Diet yang Keliru
Sumber: Blogspot.com

Info Sehat / 10 November 2013

Kalangan Sendiri

5 Pantangan Diet yang Keliru

Lori Official Writer
9251

Masalah utama yang dialami oleh setiap orang yang menjalani diet adalah mendapatkan informasi yang salah seputar berbagai tips yang mendukung diet. Kadang kala banyak yang menganjurkan sejumlah tips diet padahal tidak mengetahui kebenarannya secara pasti. Akibtanya sejumlah besar mengalami kegagalan dalam diet atau bahkan menimbulkan gangguan pada kesehatannya.

Berikut 5 pantangan keliru yang masih tetap dipercaya:

#Lemak hanya akan membuat gemuk

Fakta: makanan seperti kue, keripik dan makanan berminyak dan daging memang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Namun Anda harus merubah pemikiran tersebut, bahkan masih ditemukan makanan berlemak yang tidak menambah berat badan seperti kacang-kacangan, alpukat dan salmon. Jadi, sah-sah saja bila Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh.

# Hindari makanan ringan

Fakta: banyak yang terpaksa tidak mau ngemil lantaran takut dapat menggagalkan dietnya. Namun Anda perlu tahu bahwa makanan ringan dengan porsi kecil justru baik bagi tubuh Anda. Makanan yang dianjurkan adalah kacang-kacangan, yoghurt dan buah-buahan.

# Hindari makanan yang mengandung karbohidrat

Fakta: Nasi putih dan roti tawar adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Namun jangan salah, bahwa Anda masih tetap dapat mengkonsumsi kedua makanan ini, asal tetap dapat dikombinasikan dengan sejumlah makanan lainnya seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.

# Konsumsi makanan tanpa gluten

Fakta: Anda perlu mengetahui bahwa dalam gluten terdapat kandungan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh seperti magnesium, vitamin B12, zat besi dan serat. Jadi jika Anda kekurangan zat ini maka, seperti yang disebut oleh Mary Anne Metzak, seorang ahli gizi bahwa tubuh Anda akan terancam. Jadi cukup mengkonsumi berbagai makanan jenis biji-bijian, sebab memiliki kandungan gluten yang baik.

# Olahraga dengan perut kosong

Fakta: saat diet olahraga memang sangta dianjurkan. Namun salahnya bila olehraga dilakukan saat perut dalam keadaan kosong. Kebenarannya adalah bahwa kondisi perut kosong tidak berpengaruh pada pembakaran kalori. Yang penting adalah menghindari makan dan minum bersoda sebelum berolahraga.   

Tak sedikit orang yang akhirnya menjalani diet ekstra ketat hingga membahayakan kesehatannya. Dengan demikian, sejumlah informasi kesehatan di atas kiranya dapat membantu Anda sekalian yang sedang menjalani  program diet.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Osteoporosis Rentan Diderita Kaum Hawa

Cara Alami Cegah Osteoporosis Dengan Kalsium dan Vitamin D

Kecanduan Gadget Dapat Turunkan Konsentrasi Kerja

Lita Zein, Dari Penyanyi Rohani Hingga Go Internasional

Bentrok Antar Desa di NTT, Satu Tewas dan Puluhan Rumah Dibakar

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami