Petir Datang, Migrain Menyerang

Info Sehat / 28 February 2013

Kalangan Sendiri

Petir Datang, Migrain Menyerang

Yenny Kartika Official Writer
4562

Penelitian menunjukkan bahwa petir yang menyambar pada jarak 25 mil (sekitar 40 km) dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena migrain sampai 28%.

Studi yang diterbitkan di jurnal Cephalalgia di AS menyimpulkan bahwa setiap kali petir menyambar dari jarak 40 km, ada seseorang yang terkena migrain. Hal ini terjadi pada delapan juta orang di Inggris.

Peneliti memperoleh data dari sensor petir di daerah Ohio dan Missouri, AS. Mereka juga mengumpulkan 90 orang penderita migrain. Hasilnya cukup mengejutkan: kemungkinan penderita migrain mengalami serangan di kepala mereka meningkat 28% ketika ada petir yang menyambar dalam jarak 40 km dari rumah mereka.

Sulit melacak apa penyebab pasti migrain. Ahli saraf telah mengungkapkan banyak teori seputar migrain tetapi belum ada yang dapat memastikan apa sebenarnya migrain itu. Umumnya, migrain dianggap terjadi sebagai akibat dari perubahan tingkat hormon serotonin di dalam aliran darah. Migrain biasanya ditandai dengan sakit tak tertahankan pada salah satu sisi kepala. Selain itu, migrain juga disertai dengan meningkatnya sensitivitas pada cahaya dan bunyi, gangguan penglihatan, serta mual.

Badan amal “Migraine Action” pernah menyusun sejumlah pemicu migrain agar penderita bisa menghindar dari resiko terkena penyakit ini. Pemicu itu antara lain: berubahnya pola tidur, dehidrasi/kekurangan cairan, menonton TV, stress kejiwaan, melakukan perjalanan, mengonsumsi makanan seperti keju, cokelat, dan anggur merah, dan masih banyak lagi.

Kondisi cuaca juga bisa memicu migrain—mulai dari sinar matahari yang sangat terang sampai angin di musim dingin. Penelitian di Cincinnati menunjukkan bahwa petir merupakan salah satu pemicu.

“Tentunya Anda tidak mampu mengendalikan cuaca, namun Anda bisa berusaha mengurangi factor-faktor lain yang bisa Anda kendalikan, yakni: stress dan lama tidur,” kata Joanna Hamilton-Colclough, direktur “Migraine Action”.

 

Baca juga artikel lainnya:

Lima Rapper Asing Inspiratif versi Jawaban.com

Ini Alasan Kenapa Pencernaan Terganggu

Kasihilah Kritik!

Investigasi Imlek


Sumber : The Guardian | Yenny Kartika
Halaman :
1

Ikuti Kami