Orang Introvert Bisa Seimbangkan Bahkan Mengubah Dunia?

Psikologi / 31 July 2014

Kalangan Sendiri

Orang Introvert Bisa Seimbangkan Bahkan Mengubah Dunia?

Theresia Karo Karo Official Writer
11845

Setiap orang memiliki tipe kepribadian yang berbeda dan unik. Perbedaan ini tampak dalam kehidupan sehari-hari yakni dalam konteks pengambilan keputusan, perilaku verbal dan nonverbal, cara menangani masalah, interaksi sosial dan lainnya.

Kepribadian yang umum terbagi atas dua bagian menurut Psikolog kenamaan dunia, Carl Jung di tahun 1920-an. Pertama ada tipe ekstovert yang cenderung suka berinteraksi dan bergaul dengan orang lain. Kedua adalah introvert yang berbeda 180 derajat dengan ekstrovert. Orang dengan kepribadian ini masuk dalam tipe yang berhati-hati saat berinteraksi dengan orang lain, pendiam dan fokus pada dunia dalam diri.

Saat ini kita cukup membahas satu kepribadian yakni introvert. Jangan langsung bosan dulu. Tidak selamanya introvert dianggap menjadi mahluk pasif karena ternyata terdapat kekuatan tersembunyi yang sangat luar biasa. Menurut berita yang dilansir dari Huffingtonpost.com kaum introvert bisa menyeimbangkan bahkan mengubah dunia. Beberapa fakta yang mendukung pernyataan tersebut adalah:

Diam Bukan Kosong

Pendiam buka berarti tidak mengerti apapun. Saat orang lain sibuk berbicara dan berdebat, orang introvert sebenarnya sedang menyaring semua hal yang disampaikan oleh orang-orang sekitarnya. Keahlian yang dimiliki termasuk berpikir dengan dalam dan menghasilkan ide kreatif. Oleh sebab itu, jangan kaget bila orang sebelumya tampak pasif dalam pembicaraan, apabila mulai berbicara langsung tepat sasaran.

Pandai Bersosialisasi

Orang introvert sebenarnya adalah orang yang pandai bersosialisasi. Apabila anda memang seorang introvert, mungkin merasa tidak nyaman ditengah-tengah orang asing. Meskipun begitu Anda sangat menghargai sebuah hubungan yang dekat dengan sejumlah orang. Selain itu orang dengan kepribadian ini biasanya menjadi orang yang dapat diandalkan dan menajdi pendengar yang baik.

Pemimpin Besar Banyak Yang Berawal dari Introvert

Tak ada salahnya menjadi orang dengan kepribadian introvert. Hal ini diungkapkan oleh Susan Cain penulis buku “Quiet:The Power of Introvert”. Banyak pemimpin besar di dunia yang adalah orang introvert seperti Bill Gates, Abraham Lincoln, Eleanor Roosevelt, Mahatma Gandhi, dan Albert Einstein. Keunggulan yang dimiliki orang introvert adalah menciptakan hubungan yang selaras dan minim konflik.

Jadi, tidak orang dengan kepribadian ini membosankan. Bersyukurlah bila anda adalah orang dengan kepribadian introvert. Atau bila memang bukan, jangan lagi memandang sebelah mata orang dengan kepribadian ini.

 

Baca Juga:

Iwan Sunito, Sukses Terobos Keterbatasannya Hingga Australia

Bagi Penyanyi Ini, Mudik Bukan Tradisi

Kisah Virly, Wanita Yang Hobby Menyakiti Lelaki

7 Langkah Mudah Memulai Bisnis Daur Ulang

Rion Paige 'The X-Factor', Kelainan Langka Bukan Halangan

Sumber : Infospesial/Vemale.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami