Ternyata Berita Negatif Di Media Massa Picu Stres

Psikologi / 19 January 2013

Kalangan Sendiri

Ternyata Berita Negatif Di Media Massa Picu Stres

daniel.tanamal Official Writer
4180

Terkadang kita menunggu atau bahkan secara tidak sadar kita menikmati setiap pemberitaan negatif di media massa. Namun tahukah anda jika berita-berita negatif di media massa itu dapat memicu stress pada manusia.

Kenyataan itu terpublikasi dalam jurnal PLos One melalui penelitian yang melibatkan 60 orang. Hasilnya pengaruh berita negatif di media massa lebih nyata pada kaum wanita dibandingkan dengan pria. "Memang berita di media saja tidak cukup meningkatkan level stres, tetapi membaca berita tersebut akan membuat wanita lebih reaktif dan memengaruhi respons psikologi mereka pada situasi stres berikutnya," ungkap pelaku penelitian Marie-France Marin dari Universitas Montreal. 

Tercatat bahwa berita-berita negatif mendominasi isi dari penyiaran media massa. Berita mengenai pembunuhan, perampokan, krisis ekonomi, hingga konflik dan peperangan mendapatkan porsi yang lebih besar di media dibanding berita positif.

Dalam penelitian itu para wanita dinilai secara alami lebih mampu mengenali ancaman pada anak-anak mereka sehingga berpengaruh pada cara mereka merespons stres. Apalagi, para wanita juga memang lebih reaktif pada stres dibanding pria. 

Meskipun agak sulit untuk terpapar dari pemberitaan negatif di media massa, kita dapat menganggulanginya dengan mengambil sisi positif dari pemberitaan itu dan juga meluangkan waktu untuk beraktifitas pada kegiatan lain yang lebih positif ketimbang terpancing untuk mengikuti berita negatif.

 


Sumber : BBC
Halaman :
1

Ikuti Kami