5 Racun yang Patut Diwaspadai Ada di Rumah
Sumber: thinkstock.com

Fit & Charming / 3 September 2014

Kalangan Sendiri

5 Racun yang Patut Diwaspadai Ada di Rumah

Lois Official Writer
5170

Ancaman racun berbahaya ternyata menyebar di sekeliling kita bahkan di rumah, tanpa kita sadari. Ancaman tersebut membuat kita terserang berbagai penyakit berbahaya seperti masalah kesuburan ataupun lainnya. Berikut ini 5 racun berbahaya yang harus diwaspadai :

Phthalates

Racun ini digunakan dalam produk di seluruh rumah untuk membuat plastik lebih fleksibel dan mencegah produk perawatan tubuh menjadi terlalu kaku, contohnya seperti cat kuku. Phthalates juga terdapat pada charms untuk loom band, penyegar ruangan, shampoo, dan hair spray. Masalah yang disebabkan oleh phthalates adalah seperti kerusakan reproduksi, kerusakan organ, melemahkan sistem kekebalan tubuh, gangguan endokrin, dan kanker. Phthalates dituliskan dengan label : 2-ethylhexyl (Di), phthalate (DEHP), dietil phthalate (DEP), atau dibutil ftalat (DBP).

Pestisida

Racun ini ditemukan dalam makanan seperti sayur, buah-buahan, biji-bijian, atau kacang-kacangan. Pestisida menyebabkan defisitnya memori dan reflex motorik tertunda. Disarankan agar membeli daging, buah-buahan, dan sayuran organic. Bisa juga menanam sayuran dan buah-buahan sendiri di rumah.

Logam Berat

Logam yang dimaksud yaitu seperti timbale dan merkuri. Biasanya berasal dari air keran, makanan, cat, dan produk perawatan pribadi. Gejala yang dialami yaitu mual, berkeringat, sakit kepala, dank ram mendadak. Untuk pencegahannya, perhatikan asupan lemak ikan, utamakan makanan laut karena lebih aman. Pasang reverse osmosis (RO) atau sistem pemurnian air terbalik di bawah wastafel. Sistem RO akan menghilangkan logam berat, pestisida, binatu kimia, produk samping klorinasi, dan kontaminasi lainnya.

Pengawet

Pengawet kebanyakan ada di produk kecantikan seperti shampoo, lotion, dan serum. Hal ini sangat berbahaya, saat masuk dalam aliran darah. Pengawet bisa dikurangi dengan mengganti produk perawatan pribadi dengan produk pengawet alternatif yang lebih alami.

Volatile Organic Compound (VOC)

Racun ini biasanya terdapat pada cat baru, hairspray, parfum, dan lilin beraroma. Efek terkena racun ini dapat menyebabkan kerusakan mata, iritasi hidung dan tenggorokan, sakit kepala, kehilangan koordinasi, mual, kerusakan pada hati  - ginjal – dan sistem saraf pusat. VOC dapat diminimalkan dengan membuka jendela agar udara segar masuk.

Karena itu berhati-hatilah di dalam memakai suatu produk kecantikan atau produk rumah tangga lainnya. Perhatikan apakah barang tersebut sudah berlisensi SNI, memang ramah lingkungan, dan dapat memberikan manfaat kesehatan.

 

Baca juga :

Chord Lagu Milik Hillsong : Calvary

5 Makanan Untuk Kulit Sehat

3 Fase Dalam Pernikahan

4 Pola Hidup yang Datangkan Kekayaan

Sumber : okezone.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami