7 Jenis Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan

Fit & Charming / 13 May 2014

Kalangan Sendiri

7 Jenis Olahraga untuk Menambah Tinggi Badan

Yenny Kartika Official Writer
8625

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]-->

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> Memiliki tubuh tinggi adalah idaman hampir setiap orang. Belakangan saya bahkan menemukan lelucon bahwa orang cerdas bertubuh pendek akan ‘dikalahkan’ oleh orang idiot bertubuh tinggi. Mengapa demikian? Karena secara psikologis, orang bertubuh tinggi akan dianggap lebih cakap bekerja, lebih berjiwa pemimpin, dan lebih dihormati daripada yang bertubuh pendek.

Namun benarkah pertumbuhan tinggi badan kita berhenti di usia 25 tahun? Sebenarnya tidak. Manusia masih bisa menambah tinggi badannya hingga usia 30 tahun dengan berolahraga. Lantas, seperti apa jenis olahraga yang mampu membantu menambah tinggi badan manusia? Ini dia:

 

#1 Bergelantungan

Gerakan ini dilakukan dengan membiarkan lengan terayun-ayun sambil menggenggam pipa atau gym ring. Caranya, genggam pipa dengan kedua tangan dimana ujung jari menunjuk ke tanah. Angkat dagu dan tahan perut selama sekitar 3 menit. Lakukan berulang-ulang hingga sepuluh kali. Bergelantungan, terutama jika rutin dilakukan sejak usia dini, dapat membantu pertumbuhan tulang belakang dan ruas tulang belakang.

 

#2 Berenang

Olahraga ini sejak lama dikenal mampu memperpanjang tulang sekaligus melatih otot-otot tubuh. Lakukan renang terutama gaya dada karena gaya ini memaksimalkan penggunaan otot tungkai dan lengan. Berenanglah minimal 5 jam per minggu.

 

#3 Peregangan vertikal

Gerakan ini membantu otot-otot di seluruh tubuh meregang dan bertambah panjang. Caranya: 1) berdiri tegak bertumpu pada jempol kaki, 2) rapatkan kedua telapak tangan dan angkat hingga tepat di atas kepala, 3) regangkan tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan.

 

#4 Menendang

Menendang yang dimaksud adalah seperti gerakan dalam bela diri. Berdirilah tegap dengan paha lurus, kemudian mulai tendangkan tungkai dengan penuh tenaga. Gerakan ini membantu perpanjangan tungkai.

 

#5 Bola basket

Olahraga yang satu ini membutuhkan lompatan-lompatan tinggi yang tentunya akan menambah tinggi badan Anda. Bermainlah bola basket di sore hari selama 1 jam setiap harinya.

 

#6 Loncat tali (skipping)

Selain membantu menambah tinggi badan, loncat tali atau skipping secara teratur juga membantu memperlancar peredaran darah. Gerakan ini juga membantu meningkatkan massa tubuh.

 

#7 Bersepeda

Bersepeda minimal 7 km setiap hari dapat mengencangkan tungkai dan otot betis. Hasilnya, tungkai meregang dan memanjang. Selain itu, otot betis juga semakin kencang dan kuat.

 

Selain melakukan olahraga di atas, konsumsi pula makanan dan minuman yang membantu meningkatkan tinggi badan seperti:

- daging ayam, sapi, dll (sumber protein hewani)

- produk olahan kacang kedelai misalnya susu kedelai, tahu, tempe, kecap, dll

- coral calcium atau kalsium yang diperoleh dari fosil terumbu karang

- telur

- susu

Sumber : Berbagai sumber/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami