10 Makanan yang Buat Kita Tua
Sumber: blogspot.com

Fit & Charming / 3 May 2013

Kalangan Sendiri

10 Makanan yang Buat Kita Tua

Lois Official Writer
8792

Percaya atau tidak, ada beberapa makanan / minuman yang dapat membuat kita tua. Lupakan anti-aging jika makanan / minuman ini terus kita konsumsi, apalagi dikonsumsi secara berlebihan. Berikut ini 11 makanan yang membuat kita tua, seperti dilansir dari huffingtonpost, yaitu :

Gula

Ada beberapa alasan kenapa gula membuat kita tua. Ketika ada kelebihan gula di dalam tubuh, gula akan mengikat dirinya dengan kolagen, membuat kulit tampak kerut. Menurut Diet Myths Busted; Food Facts Not Nutrition Fiction oleh Ann A. Rosenstein, kehilangan elastisitas kulit muda membuat kulit berkerut dan tampak tua. Hal ini tentunya juga berlaku untuk permen yang banyak mengandung gula.

Lemak Trans

Seperti gula, kelebihan lemak trans membuat kulit tampak tua dan tidak elastis. “Lemak trans menyumbat dan membuat kaku arteri, serta menyempitkan aliran darah,” yang mana membuat kulit tampak tua, tulis Rosenstein. Lemak trans sering terdapat pada makanan cepat saji.

Garam

Garam membuat tubuh dehidrasi. Ketika kita mengalami dehidrasi, kita menjadi mudah capek, yang akan membuat kita terlihat lelah dan tua. Ditambah lagi, kelebihan garam berkontribusi terhadap penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, dan mengganggu metabolisme tulang.

Kopi

Kafein yang terkandung di dalam kopi juga membuat tubuh dehidrasi, sehingga membuat kita tampak lelah dan tua.

Pemanis Buatan

Aspartam yang terdapat dalam pemanis buatan sering kali membuat kita sakit kepala dan nyeri sendi. Hal ini bisa membuat kita menginginkan makanan yang manis-manis, yang mana dampaknya sama seperti gula.

Alkohol

Mengkonsumsi alkohol terlalu banyak membuat tubuh dehidrasi dan menyebabkan kerutan, kehilangan kolagen, kemerahan, dan pembengkakan, menurut The Dr. Oz Show.

Minuman Kesehatan

Minuman yang satu ini membuat enamel di gigi 8x lebih cepat rusak daripada minuman bersoda. Erosi ini membuat gigi tampak kuning dan tidak sehat, menurut Dr. Oz.

Karbohidrat

Konsumsi karbohidrat berlebih dapat merusak kolagen dan serat di dalam kulit, menurut WebMD.

Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng berkontribusi menurunkan kolagen dalam kulit, yang mana membuat kulit berkerut dan lelah, menurut GalTime.com

Soda

Selain banyak gula, soda juga membuat tubuh mengalami dehidrasi, akibatnya tubuh kelelahan dan kita terlihat begitu capek. “Aturan yang baik dalam mengkonsumsi air putih adalah minumlah setengah dari berat tubuh dalam ons. Jika berat 130 lbs (sama dengan 59 kg), maka minumlah 65 ons air putih sehari, sekitar 8 gelas lebih,” menurut GalTime.com

 

Sumber : huffingtonpost.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami