Cara Efektif Mengobati Telinga Berdengung
Sumber: evoucher.co.id

Solusi Sehat / 1 August 2014

Kalangan Sendiri

Cara Efektif Mengobati Telinga Berdengung

Lois Official Writer
6163

Telinga berdengung atau tinnitus dapat dialami setiap orang tanpa terkecuali. Ada yang menganggap telinga berdengung akibat kesalahan membersihkan telinga atau mengorek telinga terlalu dalam. Namun, penyebab telinga berdengung bervariasi. Apabila terjadi dalam waktu lama, tentu hal ini akan mengganggu pendengaran.

Penyebab umum telinga berdengung karena adanya perbedaan tekanan antara telinga bagian dalam dengan lingkungan luar. Penyebab adanya perbedaan tekanan ini adalah tersumbatnya saluran udara yang menghubungkan telinga dalam dengan lingkungan luar yaitu hidung. Sumbatan terjadi karena ingus / lendir yang berasal dari hidung.

Jika tidak diobati, perbedaan tekanan ini akan mengakibatkan gendang telinga mengembung. Sumbatan saluran akan memudahkan pertumbuhan kuman hingga timbul infeksi di dalam telinga. Jika juga tak diobati, gendang telinga akan pecah diiringi dengan keluarnya nanah. Karena itu, jangan anggap remeh telinga berdengung. Ini beberapa cara yang bisa dipakai :

Cara Alami

-Hindari paparan suara yang keras

-Kontrol tekanan darah Anda

-Kurangi jumlah asupan garam Anda sehari-hari

-Hindari jenis stimulus pada saraf misalnya kopi, tembakau

Menggunakan Terapi

-Cognitive Behavioral Therapy (CBT) menjadi salah satu terapi yang efektif. Hal ini biasanya dilakukan psikoterapis yang sudah mempunyai pelatihan khusus dalam CBT. Biasanya pasien akan diberitahu ada beberapa aktivitas yang membuat keadaan tinnitus semakin buruk.

-Terapi suara, misalnya dengan mendengar suara alam seperti air terjun, aliran air, air hujan, atau suara angin yang menenangkan.

-Habituasi dan terapi musik. Stimulus mendengar ulang diberikan dengan maksud untuk membuat pasien menjadi terbiasa dengan tinnitus dan membantu mengurangi rasa tak nyaman.

-Memijat dan meregangkan otot leher serta rahang untuk mengurangi gejala tinnitus.

-Terapi elektomagnetik yang muncul dari suatu alat listrik yang bentuknya kecil, dimana alat tersebut mengirimkan elektromagnetik melalui telinga dan merangsang telinga untuk bereaksi untuk mengatasi amsalah tinnitus.

-Terapi hyperbaric oksigen membuat pasien ditempatkan di ruangan yang mempunyai tekanan murni oksigen untuk bernafas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan aliran oksigen dari telinga menuju ke otak.

-Alternatif lain dengan cara biofeedback, akupuntur, dan terapi lainnya.

Memakai Alat Bantu Dengar

Merupakan jalan lain yang bisa digunakan untuk mengatasi tinnitius.

Obat-Obatan

-Antihistamin dan dekongestan

-Antibiotik

Untuk obat-obatan dan terapi apa yang cocok untuk telinga Anda, ada baiknya konsultasikan dulu ke dokter. Bagaimanapun juga, di tangan dokter, pengobatan akan lebih mudah dilakukan karena tahu apa penyebab dan bagaimana mengatasinya.

 

Baca juga :

Atas Segala Sesuatu

3 Sifat Anak yang Bisa Dicontoh Versi Yesus

Jangan Lagi Korek Kotoran Telinga Anda

7 Kompentisi yang Dimiliki Para Profesional di AFTA 2015

Mau Bersihkan Telinga? Gunakan Cara Ini

Jalan Hidup Steve Jobs yang Mengubah Dunia

Sumber : telingaberdengung.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami