5 Tips Pertahankan Bentuk Tubuh di Momen Lebaran

Solusi Sehat / 30 July 2014

Kalangan Sendiri

5 Tips Pertahankan Bentuk Tubuh di Momen Lebaran

Lori Official Writer
4357

Hidangan makanan yang beragam dimomen lebaran kerap membuat kita lupa akan masalah kegemukan. Nah, bagi Anda yang masih menikmati suasana lebaran dengan makanan dan minuman yang cukup mengandung banyak lemak, sangat patut mengikuti sejumlah tips sehat mempertahankan bentuk tubuh ini.

 

#1 Pilih menu makan yang tepat

 

Lebaran sangat identik dengan makanan berlemak seperti lontong, opor ayam hingga ketupat bukan? Belum lagi makanan dan minuman dengan kandungan coklat dan susu. Nah, untuk itu Anda sepatutnya menyadari agar tetap menyeimbangkan nafsu makan. Sebagai penangkalnya, Anda patut menyeimbangkannya dengan konsumsi alpukat, apel, dark cholcolate, teh hijau, tahu dan tempe.

 

#Makan secukupnya

 

Tak akan ada orang yang melarang Anda untuk makan, namun hidangan yang tak habis-habisnya di momen lebaran tentu akan menjadi godaan terberat. Dengan itu, cobalah untuk makan secukupnya ketika Anda lapar, dan berhentilah sebelum kenyang.  

 

# Sarapan ringan

 

Hidari sarapan dengan makanan-makanan berat seperti nasi uduk dan lontong sayur. Gantilah dengan menu ringan seperti sepotong roti tawar isi telur, daging asap dan saun selada. Hindari pula makanan yang mengandung gula yang lebih banyak karena hanya akan menambah timbunan lemak Anda.

 

# Hindari minuman mengandung gula

 

Sebagian orang tampak sangat sensitif dengan makanan dan minuman manis, sebab akan sangat mudah mengubah postur tubuh Anda. Untuk itu, Anda sebaiknya menghindari diri dari konsumsi minuman seperti teh manis, es buah, sirup hingga alkohol berlebihan. Ada baiknya bila diganti dengan air putih.  

 

#Banyak bergerak

 

Sibuk mengunjungi kerabat akan menyeimbangkan konsumsi makan Anda dengan energi yang dibutuhkan, sekaligus menjadi olahraga bagi tubuh. Hindarkan diri dari kebiasaan tidur sehabis makan.

 

Anggap saja lebaran menjadi momen ujian sebenarnya bagi Anda yang telah menargetkan penurunan berat badan, sembari menjadi latihan untuk dapat menahan nafsu makan yang berlebihan.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Rokok Ancam Anak-anak, Pemerintah Didesak Ratifikasi FCTC

 

Ini Makanan Pantangan Penderita Radang Amandel

 

Eka Budianta, Ungkapkan Kecintaan Akan Ciptaan Tuhan Lewat Tulisan

 

Meresponi Ujian Hidup

 

Inilah Empat Tips Hemat Baterai Android Wear

Sumber : Wolipop.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami