9 Cara Efektif Berhenti Merokok
Sumber: http://mensjourneyid.com

Spirituality / 25 July 2014

Kalangan Sendiri

9 Cara Efektif Berhenti Merokok

Lois Official Writer
5833

Berhenti merokok memang bukan perkara mudah yang dapat dilakukan satu dua hari. Namun, berhenti merokok punya banyak manfaat kesehatan yang dapat diambil sekaligus banyak tantangannya. Di dalam proses menghilangkan kebiasaan merokok, ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun berikut ini 7 cara efektif dalam menghentikan kebiasaan merokok yaitu :

Menetapkan Alasan

Alasan tidak bagi untuk kesehatan bukan lagi hal yang cukup dijadikan alasan. Biasanya ada motivasi yang lebih kuat dan masuk akal bagi diri Anda sendiri. Coba cari alasan yang kuat tersebut. Ingin hidup lebih lama agar bisa melihat anak-anak tumbuh dewasa, ingin terlihat lebih muda, menghindari orang-orang yang dicintai dari asap rokok, menjaga bau badan, menghindari kanker paru-paru karena sudah pernah didiagnosis dokter Anda ada dalam bahaya, atau sebagainya.

Tetapkan Waktu

Sebelum melakukan apapun, pastikan dulu kapan waktu yang tepat untuk berhenti. Misalnya, di hari ulang tahun anak Anda, ulang tahun pribadi, ulang tahun pernikahan, ataupun tanggal-tanggal spesial yang lain. Tapi jangan memilih tanggal yang terlalu jauh dari niat Anda karena peluang Anda untuk berubah pikiran akan jadi lebih besar.

Minta Bantuan Dokter

Konsultasikan dengan dokter dan tanyakan perihal resep obat yang harus Anda konsumsi. Menurut meetdoctor.com, kini tersedia pil yang mampu mengurangi rasa lapar yang mempengaruhi zat kimia dalam otak. Pil ini juga menjadikan rokok tidak lagi memuaskan, serta membantu mengurangi gejala depresi ataupun sulit berkonsentrasi.

Jauhkan Diri dari Alkohol dan Pemicu Lainnya

Alkohol adalah pemicu paling umum untuk merokok. Jika alkohol memicu Anda merokok, cobalah juga untuk berhenti minum. Jika kopi yang menimbulkan efek serupa, cobalah beralih pada teh selama beberapa minggu. Mungkin, Anda dapat makan permen rasa kopi. Atau ganti dengan minuman kesukaan Anda lainnya.

Jika Anda masih belum bisa berhenti dan merokok seusai makan, segeralah menyikat gigi untuk menghilangkan asap dan rasa nikotin dalam tubuh atau mengunyah permen karet yang mampu menghindari keinginan yang kuat untuk merokok.

Beritahu Orang Terdekat

Mintalah pengertian dari mereka untuk tidak mengajak Anda di lingkungan yang penuh asap rokok. Minta juga perhatian dari mereka yang tidak merokok untuk membantu Anda. Usaha Anda sangat terbantu jika didukung oleh orang-orang di sekitar Anda.

Lakukan Antisipasi

Anda pasti akan mengalami emosi labil, insomnia, batuk-batuk, nafsu makan meningkat, dan berbagai hal menjengkelkan lainnya saat mencoba berhenti merokok. Belum lagi keinginan untuk mengisapnya. Saat hal ini terjadi, jangan menyerah. Anda bisa melakukan hal positif lain untuk mengalihkan pikiran. Lakukan hal-hal yang Anda sukai seperti bermain video game, menonton bola, nonton bioskop, atau mungkin mendengarkan musik sambil bersenandung.

 

 

Sumber : meetdoctor.com-menshealth.co.id by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami