Hati-Hati, Sikat Gigi Dapat Menampung 100 Juta Bakteri
Sumber: dentistsamibilani.com

Solusi Sehat / 1 March 2014

Kalangan Sendiri

Hati-Hati, Sikat Gigi Dapat Menampung 100 Juta Bakteri

Puji Astuti Official Writer
5788

Sebuah riset yang dilakukan oleh Uniersity of Manchester, Inggris menemukan bahwa sebuah sikat gigi  dapat menampung lebih dari 100 juta bakteri, termasuk di dalamnya bakteri E. coli yang bisa menyebabkan diare. Namun jangan takut, mulut kita juga tidak seteril dari awalnya.

Pada dasarnya, di mulut kita terdapat ratusan mikroorganisme setiap harinya, demikian penjelasan yang diberikan oleh Gayle McCombs, RDH, MS, profesor dan direktur dari Dental Hygiene Research Center di Old Dominion University. Namun hal itu tidak menjadi masalah, namun saat terjadi ketidak seimbangan bakteri di mulut hal itu mulai menimbulkan masalah kesehatan di mulut.

"Sangat penting untuk diingat bahwa karang gigi adalah bakteria," demikian jelas dokter gigi Kimberly Harms, DDS, penasihat konsumen dari American Dental Association. "Jadi Anda menaruh bakteri di sikat gigi setiap kali sikat gigi."

Untungnya, tidak peduli berapa banyak bakteri di mulut ataupun yang masuk melalui sikat gigi, tubuh memiliki antibodi alami yang akan menjaga kesehatan kita, sehingga kita tidak mengalami infeksi hanya gara-gara sikat gigi. Namun sangat penting menjaga agar sikat gigi kita tetap bersih, berikut adalah tipsnya :

  • - Bilaslah sikat gigi Anda di air mengalir setelah digunakan
  • - Jaga agar tetap kering, karena bakteri suka lingkungan yang basah. Selain itu juga tidak disarankan menggunakan tutup sikat gigi karena bisa membuat lembab sikat gigi dan menjadi tempat berkembangnya bakteri.
  • - Simpan dalam posisi berdiri
  • - Satu sikat gigi untuk satu orang, jangan bertukar sikat gigi sekalipun dengan saudara atau orangtua, bahkan jangan menaruhnya saling berdampingan sehingga bisa bersentuhan sebab bisa menyebabkan pertukaran bakteri.
  • - Ganti sikat gigi Anda secara teratur, disarankan setiap tiga atau empat bulan sekali.

Jadi jangan anggap enteng sebuah sikat gigi ya, karena kesehatan mulut dan gigi akan mempengaruhi kesehatan seluruh tubuh kita. Tetap sehat sahabat.

Baca juga artikel lainnya :

4 Sumber Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

9 Cara Praktis Mengatasi Bau Mulut

Yuk, Cegah Kanker Dengan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Tuai Pro Kontra Karena Gelar Profesor, Rhoma Irama Anggap Biasa

The Art Of Marriage

Sumber : Webmd.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami