4 Cara Agar Otak Terus Berfungsi Optimal

Solusi Sehat / 29 January 2014

Kalangan Sendiri

4 Cara Agar Otak Terus Berfungsi Optimal

Budhi Marpaung Official Writer
8592

Seperti halnya otot, otak juga memiliki batas kemampuan untuk bekerja setiap harinya. Anda tidak bisa terus menerus menggunakannya (kecuali bagian-bagian otak yang berjalan otomatis) karena bila terlalu sering dipaksakan bekerja, otak akan menjadi hang / kacau.

Berikut 4 (empat) cara praktis agar otak Anda dapat terus berfungsi optimal :

1. Istirahatkan pada waktunya

Bagi Anda yang bekerja di depan komputer atau kerap berhubungan dengan hal-hal ide atau konsep-konsep maka menyediakan waktu istirahat bagi otak adalah tindakan yang sangat baik untuk dilakukan. Gunakan waktu rehat tempat kerja untuk melonggarkan kepenatan yang ada di dalam kepala Anda. Bercanda dengan teman atau berbicara topik-topik ringan bisa membantu mempertahankan kemampuan otak Anda hingga pulang kerja.  

2. Konsumsi asupan sehat untuk otak

Banyak dari Anda pasti sudah mengetahui hal ini karena sudah cukup banyak artikel yang membahasnya. Namun, disini penulis hanya ingin mendorong Anda agar mau mempraktikannya sebab otak memang sangat perlu asupan yang sehat.

3. Tidurlah dengan waktu yang cukup

Secara medis, total waktu tidur yang bagus untuk dijalankan manusia adalah 6-8 jam. Jika kurang atau lebih dari waktu yang ditetapkan maka itu pasti mengganggu organ-organ Anda termasuk otak. Biasa yang terjadi, jika kurang atau kelebihan waktu tidur, kita mudah lelah dan otak sulit sekali bekerja maksimal.

4. Hindari kepala kena benturan keras

Memukul-mukulkan kepala dengan tangan sendiri sangat tidak disarankan karena tindakan Anda tersebut bakal membuat otak terganggu. Otak sangat sensitif sehingga bagian tubuh yang satu ini harus dihindarkan dari benturan-benturan keras baik disengaja maupun tidak.

Jangan tunggu otak mengalami kerusakan baru Anda menerapkan langkah-langkah di atas. Mulailah mempraktikannya sejak Anda mengetahuinya (sekarang) karena dengan begitu Anda terbukti peduli pada kesehatan otak yang diberikan Tuhan kepada Anda.   


Baca juga :

Jangan Biarkan Otak Rusak karena Kerja Berlebihan!

Kopdar Perdana Seru Awal 2014

Andrea Hirata, Kisah Sukses Penulis Buku Laskar Pelangi

9 Cara Tepat Mencegah Penyakit Leptospirosis

Join IMAGO Festival 2014   

Sumber : berbagai sumber / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami