Solusi Sehat Cantengan Atau Paronikia
Sumber: mediskus.com

Solusi Sehat / 11 December 2013

Kalangan Sendiri

Solusi Sehat Cantengan Atau Paronikia

Budhi Marpaung Official Writer
9586

Kuku adalah salah satu anggota tubuh yang sangat sensitif. Keliru sedikit saja memberikan treatment khususnya dalam perawatannya maka kita akan justru menderita.

Salah satu gangguan yang bisa kita rasakan terkait masalah kuku ini adalah cantengan atau dalam bahasa medisnya paronikia. Paronikia merupakan infeksi di sekitar tepi kuku atau bahkan seluruh bagian kuku.

Paronikia paling sering disebabkan oleh bakteri kulit, biasanya memasuki kulit di sekitar kulit kuku yang telah mengalami trauma seperti menggigit kuku, mengisap jari, cuci piring, atau iritasi kimia. Selain itu, infeksi jamur juga dapat menjadi penyebab paronikia atau cantengan, dan harus dicurigai khususnya pada orang dengan infeksi kuku berulang dan tak kunjung sembuh.

Gejala Cantengan Atau Paronikia

Ada empat tanda untuk mengetahui bahwa seseorang mengalami cantengan atau paronikia. Empat tanda itu adalah :

1. Pembengkakan

2. Kemerahan

3. Bernanah

4. Terasa Nyeri bahkan terasa nyut-nyutan

Cara Mengobati dan Mencegah

Pengobatan cantengan dapat dilakukan di rumah dengan cara merendam jari cantengan ke dalam campuran air hangat 50% dan 50% sabun antiseptik cair tiga sampai empat kali sehari selama sekitar 15 menit. Perendaman ini harus dilakukan pada gejala awal yakni berupa kemerahan di sekitar kuku.

Apabila kemerahan melewati sekitar kuku maka Anda sangat disarankan untuk pergi dan berkonsultasi ke dokter. Begitupun saat kuku Anda menunjukkan adanya nanah yang banyak.

Sangat tidak dianjurkan untuk menyayat sendiri kulit sekitaran kuku yang mengalami cantengan. Selain karena tidak steril, pemotongan yang keliru dapat memperparah kondisi kuku Anda.

Lalu kalau begitu, bagaimana cara mencegah agar tidak cantengan?

1. Hindari menggigit kuku2

2. Pakailah sarung tangan karet jika hendak memegang benda atau melakukan pekerjaan yang berpotensi menimbulkan trauma

3. Kontrol penyakit kronis, seperti diabetes

4. Sering cuci tangan, terutama setelah bekerja di tanah, pertukangan, atau pekerjaan dimana tangan Anda menjadi kotor dan berpotensi untuk luka dan goresan.

Jangan pernah sekali-kali meremehkan cantengan atau paranokia karena bisa jadi infeksi yang disebabkan makin luas dan parah. Respon Anda terhadap masalah kesehatan menentukan seberapa cepat Anda sembuh dan pulih.


Baca juga :

Yenni Wahid : Doktrin Agama Tak Bisa Jadi Solusi

Berdoa di Dalam Hutan

Mujizat Kesembuhan Terjadi Dalam Hidupku

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI 

Sumber : mediskus.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami