Bola yang Dipakai di Piala Dunia Mudah Dikendalikan?
Sumber: Sidomi.com

Entertainment / 16 June 2014

Kalangan Sendiri

Bola yang Dipakai di Piala Dunia Mudah Dikendalikan?

Lois Official Writer
2880

Adidas sebagai sponsor bola untuk Piala Dunia 2014 mengklaim bahwa bola mereka yang diberi nama bola Brazuca merupakan bola yang lebih jinak karena lebih mudah dikendalikan daripada pendahulunya. Untuk itu, Kepala Eksperimental Cabang Aero Fisika di National Aeronautics and Space Administration (NASA), Rabi Mehta, melakukan uji coba atas klaim perusahaan tersebut.

Mehta meletakkan Brazuca dalam sebuah kotak yang berisi angin dengan jarak tepi yang sama. Udara akan ditiupkan pada Brazuca dari berbagai arah dengan kecepatan yang berbeda. Dalam kotak itu, Mehta juga menyebar asap tipis. Hal ini berguna untuk melihat perubahan bola. Asap juga memperlihatkan berapa kecepatan bola saat knuckling atau saat bola bergetar di udara.

Setelah diuji coba, Brazuca mengalami getaran sekitar 48 km per jam. Getarannya lebih rendah bila dibandingkan dengan Jabulani yang mencapai 80 km per jam atau bola lain pada umumnya.

“Bahan yang digunakan dan kekasaran permukaan dapat mempengaruhi kemampuan aerodinamis bola. Para pemain harus senang dengan bola baru ini. Brazuca memang lebih stabil di udara dan lebih mudah dikendalikan dibandingkan bola sebelumnya,” ujar Mehta.

Hal ini dikarenakan perbedaan jumlah panel pada kedua bola. Jabulani memiliki delapan panel dengan jahitan yang lebih panjang dan dalam, sementara Brazuca hanya memiliki enam panel shuriken yang menyatu. Hal ini tentu membuat para pemain sepak bola yang berlaga di Piala Dunia akan lebih mudah mengendalikan bola tersebut.

 

Baca juga :

Surat dari Gadis 15 Tahun Untuk Ayahnya

Pacaran dengan Visi Misi yang Benar

Otak Tiba-Tiba Blank? Atasi dengan Ini

Kalau Jodoh Tak Akan Kemana

Cahaya Dari Timur, Cerita Pesepakbola Asal Maluku

Sumber : 21cineplex.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami