JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Dengan Nokia E7, Anda Bisa Lupakan Notebook Anda

THURSDAY, 24 FEBRUARY 2011

Total View : 3395 times


Nokia E7 diam-diam bakal menjadi ancaman serius bagi notebook dan tablet. Fitur USB on the go ini menjadikan Nokia E7 sebagai perangkat mobile yang kompak dan memiliki kinerja tinggi, tak ubahnya notebook atau tablet. Misalnya saja, Anda ingin melakukan presentasi. Maka, Anda tidak perlu susah-susah menenteng notebook.

Cukup dengan Nokia E7, pico projector (projector mini), konektor HDMI, serta multiple port USB. Perangkat elektronik ini bisa menjadikan sebuah presentasi mengagumkan. Selain itu, Nokia E7 juga didukung dengan berbagai perangkat lunak kantor yang akan mampu menggantikan fungsi tablet atau notebook, utamanya untuk aktivitas pebisnis.

Dibilang projector tapi bentuk pico projector ini tak jauh lebih besar dari remote pendingin ruangan yang mampu menampilkan gambar atau video berkualitas tinggi layaknya projector standar. Dari uji coba yang dilakukan, Nokia E7 dengan dukungan pico projector mampu menampilkan sebuah file berformat PDF yang diperbesar 200 persen di layar ponsel, menjadi tampilan 3x2 meter screen dengan kualitas yang baik. Selain tajam, tampilan huruf dalam dokumen PDF lebih mudah dibaca.

Bagaimana dengan video? Dengan didukung kabel HDMI, gadget ini mampu mengirimkan video dengan format high definition ke screen dengan bantuan pico projector. Ponsel ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan format 720p. Bila video dengan kualitas HD saja mampu, apalagi file data. Mengenai suara, tergantung penggunaan speaker. "Kalau speakernya bagus, ponsel ini bisa mendeliver dolby stereo," kata Product Manager Nokia Indonesia, Irwan Hermawan.

USB on the go yang dibenamkan, ternyata bukan hanya mampu membaca data yang ada di peranti yang terpisah dari ponsel seperti USB atau eksternal disk namun juga berfungsi sebagai input device layaknya sebuah komputer atau notebook. Yang menarik, ponsel ini juga mendukung konektor USB multiport yang mampu membaca empat port yang dikoneksikan secara bersamaan.

Kemampuan Nokia E7 membaca file tak berbeda jauh dengan kemampuan notebook. Sekalipun memiliki kemampuan yang tinggi, Irwan mengingatkan agar pengguna menggunakan device berkapasitas kecil atau sedang, hal ini diperlukan untuk menghemat baterai. "Banyak aplikasi bisnis Microsoft yang kompatibel dengan Nokia E7," kata Irwan. Kerjasama Microsoft-Nokia, kata Irwan, memungkinkan Microsoft mengembangkan lebih banyak aplikasi yang mendukung sistem operasi Symbian. "Untuk sharing data misalnya, pelanggan bisa mengunduh aplikasi Share Point," kata Irwan.

Selain itu, Nokia juga mengembangkan aplikasi pendukung seperti Joiku Spot Light (aplikasi wifi hingga lima koneksi), perekam, skype untuk mendukung komunikasi berbasis VoiP. Untuk aplikasi officenya sendiri terdapat Quick Office. Aplikasi Nokia E7 disebut Irwan sangat lengkap dan kaa. "Banyak aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Ovi Store. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan," katanya. Nokia E7 juga tampaknya mampu memangkas penggunaan perangkat pendukung. Akses internet, misalnya, tak perlu lagi menggunakan modem. Gadget ini juga piawai untuk pekerjaan multitasking dan yang jelas mudah dioperasikan.

Sumber : republika/lh3


Mitra CBN

COMMENTS

KONSELING

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • No comment yet