JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

Makanan Unik Indonesia, Antara Penasaran Dan Geli

(By : Berbagai Sumber).    View : 3615 times

Makanan Unik Indonesia, Antara Penasaran Dan Geli

Dengan banyaknya suku bangsa yang berdiam di negeri ini, Indonesia kaya akan beragam makanan unik yang bisa jadi tak pernah terpikirkan oleh Anda untuk dikonsumsi. Antara penasaran dan geli, kira-kira makanan apa saja yang berminat Anda cicipi? Yuk simak daftarnya berikut ini:

Bothok Tawon: Bothok adalah makanan khas Jawa Timur yang berbahan kelapa dibungkus daun. Namun di daerah pedesaan Jawa Timur, ada menu asli kegemaran masyarakat yaitu bothok tawon, Dari namanya kita pasti sudah tahu bahwa bothok ini berbahan dasar tawon, namun lebih tepatnya sarang tawon atau lebah. Untuk rasa, tersedia rasa pedas, manis dan asam segar.

Sate Bekicot: Bekicot yang sering ditemui di daerah lembab dan berair ini ternyata dijadikan makanan dalam bentuk sate oleh kalangan masyarakat. Meskipun banyak yang percaya bahwa bekicot berfungsi sebagai obat, namun banyak juga yang menggemari sate bekicot karena kelezatannya.

Lawar Bali: Dari namanya sudah diduga makanan ini berasal dari Bali. Lawar berbahan dasar babi yang dipotong halus-halus dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu khas bali serta disiram darah segar babi. Berminat mencoba?

Sengsu: Makanan khas Jogja menjadi kegemaran mereka yang doyan makan anjing. Ya, sengsu adalah kepanjangan dari tongseng asu alias ‘guk guk’. Meskipun bukan makanan umum, namun penggemar makanan ini semakin banyak. Olahan bumbunya yang khas dan dagingnya yang empuk memang menjadi daya tarik tersendiri.

Rempeyek Laron: Rempeyek menjadi makanan umum di beberapa daerah. Hanya saja bahan pelengkapnya biasanya menggunakan kacang atau ikan teri. Tapi kalau laron? Ada baiknya Anda mencobanya juga.

Kelelawar Goreng Bumbu: Kelelawar (paniki) goreng bumbu ini menjadi makanan khas masyarakat Manado. Pedas berbumbu menjadi ciri khas yang mengundang selera.

Ulat Sagu: Yang satu ini mungkin sudah pernah Anda saksikan di televisi maupun film. Ya, ulat sagu memang menjadi makanan khas Papua maupun Nusa Tenggara Barat. Biasanya dimakan mentah-mentah sebagai obat kuat maupun jamu. Diolah dengan ditumis atau digoreng juga dapat menjadi pilihan yang lezat.

Tokek Goreng: Tokek biasanya dikonsumsi untuk dijadikan jamu dan juga obat untuk penyakit kulit. Perburuan tokek menjadi bisnis yang menguntungkan karena nilainya yang tinggi.

Tikus Panggang: Makanan ini juga menjadi makanan khas warga Menado, Sulawesi Utara. Tentu saja yang dikonsumsi bukanlah tikus got yang jorok melainkan tikus tertentu yang berbuntut putih.

Jus Cacing Tanah: Cacing dikenal ampuh sebagai obat typus maupun anak yang sulit makan. Meskipun judulnya jus, bukan berarti dikonsumsi mentah melainkan cacing tanah ini dikeringkan untuk kemudian dijadikan serbuk. Serbuk-serbuk cacing inilah yang nantinya dijadikan jus.

Kripik Teripang: Teripang adalah hewan laut yang bentuknya seperti lintah. Kandungan protein yang dimilikinya sangatlah tinggi. Namun ada beberapa orang yang alergi terhadap teripang. Jika Anda salah satunya, sebaiknya hindari makanan ini.

Belalang Goreng: Masyarakat Gunung Kidul menggemari jenis makanan ini. namun Anda hanya dapat menemuinya di kala musim belalang sedang melanda. Cukup digoreng, Anda akan ditawarkan sensasi makanan unik yang tiada duanya.

Sate Biawak: Daging biawak dipercaya sangat berfaedah bagi obat kuat pria. Masyarakat Jawa menyebutnya dengan sebutan nyambik. Tidak hanya dagingnya yang dapat dijadikan sate, lemaknya pun dapat digunakan sebagai minyak oles.

 

Baca Juga:


Imago Planet

COMMENTS

KONSELING

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • * cool_guy

    2012-06-01 22:06:47
    yakkk....menjijikan!
  • * sartika

    2012-06-01 22:03:07
    Menurut sy sih: kok kebangetan makan daging anjing (sprti: ada diartikel diatas makanan khas: sengsu)--- Emang kagak ada daging lain kali ya...../// Bahaya banget klu mans cuma MengeDepankankan isi perut dgn makanan daging2 , ampe2 anjing juga dimakan !