JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

5 Selebritis yang Mengaku Ateis

(By : ALTERNET | YK).    View : 5810 times

5 Selebritis yang Mengaku Ateis

Penganugerahan ajang penghargaan seperti Oscar atau Golden Globe selalu menarik perhatian kita. Salah satu alasannya adalah karena kita dapat menyaksikan selebritis atau artis pujaan kita memenangkan trofi, naik ke atas panggung, dan menyampaikan ucapan atau kesan pribadi. Dalam balutan pakaian hasil rancangan desainer ternama mereka memegang mikrofon, mengucapkan terimakasih kepada kawan-kawan, keluarga, pasangan, dan yang lebih lagi, kepada Tuhan. Pernahkah Anda mempertanyakan, apakah ada di antara selebritis tersebut yang ateis?

Tanpa bermaksud menghakimi, sejumlah selebritis memang teridentifikasi sebagai penganut ateisme. Hal itu terlihat dari pernyataan-pernyataan yang pernah mereka buat. Woody Allen, misalnya, adalah seorang ateis keturunan Yahudi. Dalam film autobiografinya yang bertitel Stardust Memories, karakter Allen menjelaskan bahwa ateismenya tidak hanya sekedar bagian dari identitasnya, tetapi juga sebuah "tindakan pertahanan kosmis". "Bagi Anda, saya adalah ateis. Bagi Tuhan, saya adalah oposisi yang setia," ujarnya.

Allen hanya salah satu dari segelintir selebritas yang secara blak-blakan mengumumkan keateisannya. Selain Allen, masih ada beberapa nama lain dari karpet merah Hollywood yang menganut ateisme alias tidak percaya Tuhan. Berikut ini lima (5) selebritis yang mengaku ateis:

 

#1 Angelina Jolie

Wanita yang pernah berperan sebagai Lara Croft dan kini menjadi duta PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) ini pernah ditanya "Apakah Tuhan ada?" dalam sesi wawancara yang dilakukan A.V. Club. Pertanyaan tersebut diresponi Jolie dengan jawaban yang "aman" namun tegas:

"Hmm… (Tuhan ada) bagi sebagian orang. Saya berharap demikian. Bagi orang-orang yang memang meyakininya, saya harap memang demikian (Tuhan ada). Bagi saya, tidak perlu ada Tuhan. Ada sesuatu dalam diri orang-orang yang bersifat spiritual, yang ilahi. Saya tidak akan melakukan sesuatu hanya karena orang-orang mengatakannya; tapi saya juga tidak benar-benar mengerti apakah tidak mempercayai apapun adalah hal yang lebih baik."

Ketika ditanya apakah Jolie dan Brad Pitt, pasangannya, akan mendidik keenam anak mereka untuk menjadi ateis, mereka tidak memberi jawaban apapun.

 

#2 Daniel Radcliffe

Bintang Harry Potter, Daniel Radcliffe, bukan hanya sekedar ateis. Barangkali lebih sulit untuk mengalahkan pelaku kejahatan di dunia nyata daripada di film-film yang ia perankan, demikian kata Radcliffe dalam wawancara dengan Esquire. "Saya adalah ateis garis keras ketika agama mulai berdampak pada undang-undang," katanya.

Komentarnya tersebut tampaknya saling berkaitan dengan unsur paganisme dalam film-film yang ia perankan—yang sekaligus membuat Radcliffe tidak disukai orang Amerika.

Beberapa pihak juga berspekulasi bahwa ia adalah seorang gay.

 

#3 Keira Knightley

Meskipun menjadi ateis, Knightley tidak menyukai ateismenya. Justru Knightley selalu berpikir bahwa ateisme membuat dirinya terbatas dalam hal bersenang-senang. Aktris ini pernah berseloroh bahwa ia lebih suka menjadi pemeluk Katolik.

"Seandainya saya bukan seorang ateis, saya dapat lebih bebas…," katanya. "Anda dapat meminta ampun, dan Anda akan diampuni. Itu terdengar lebih baik daripada harus hidup dalam rasa bersalah."

 

#4 Brad Pitt

Banyak pasangan beda agama yang sering menemukan konflik dalam membesarkan anak, menjalankan tradisi, dan lain-lain. Angelina Jolie merasa lebih "beruntung" karena pasangannya Brad Pitt juga cenderung ateis. Aktor bernama asli William Bradley Pitt ini dididik dengan ajaran Southern Baptist, namun konon kehidupan rohaninya tidak cocok dengan karier bintangnya. Ia kemudian berpindah keyakinan menjadi penganut ateisme dan agnostisme.

"Saya mungkin 20% ateis dan 80% agnostik. Saya tidak berpikir bahwa ada yang benar-benar paham (mengapa saya demikian). Anda akan mengerti atau tidak saat Anda menjadi (seperti saya)—dan kemudian Anda tiba di titik dimana hal itu tidak perlu dipikirkan lagi," katanya dalam wawancara dengan New York Daily News.

 

#5 Morgan Freeman

Saat kita membayangkan "Tuhan" dalam versi layar lebar Hollywood, biasanya sosok itu tertuju pada Morgan Freeman. Aktor peraih Oscar ini telah memerankan Tuhan bukan hanya sekali, melainkan dua kali. Meskipun demikian, ia tidak percaya pada sosok yang ia perankan sendiri.

Dalam wawancara dengan Grio, ia menjelaskan, "Sistem kepercayaanku tidak bertumpu pada sesosok Pencipta—yang kita sebut Tuhan—yang menciptakan kita serupa dengan gambar-Nya," kata Freeman.

Namun, Freeman tidak secara langsung menegaskan bahwa ia seorang ateis, karena ia mempercayai Tuhan ada—yakni sebagai ciptaan manusia. "Kita menciptakan Tuhan," kata Freeman.

Peran Tuhan adalah salah satu karakter terbaik yang pernah dimainkan Freeman dalam sepanjang kariernya.

 

Apa tanggapan Anda saat pertanyaan yang diajukan kepada Angelina Jolie—"Apakah Tuhan ada?"—diajukan kepada Anda? Siapakah Tuhan bagi Anda?

Sesungguhnya Tuhan itu ada, apapun jawaban kita.

 

 

Baca juga artikel lainnya:

Komunitas Atheis Indonesia Mulai Terang-terangan

Anak Pendeta Ateis Bertobat Menjadi Pendeta

Aktivis Ateis: Hilangkan Salib di Monumen Perang Vietnam

Paus Francis: Kaum Ateis Adalah Rekan Kami yang Berharga

Puji Tuhan! Saya Tidak Menganggur Lagi Setelah SMS ke Konseling Center CBN

Daniel Mananta: Saya Tidak Ingin Coba-coba


Mitra CBN

COMMENTS

KONSELING

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • No comment yet