JC ID

Pass

Forget?

Register?

Thread

Video

Photo Box

Article

Pray For

5 Pahlawan Cerita Terkenal Asli Indonesia

(By : wikipedia.com by lois horiyanti/jawaban.com).    View : 4008 times

5 Pahlawan Cerita Terkenal Asli Indonesia

Pada 10 November mendatang, yaitu dua hari lagi kita akan memperingati Hari Pahlawan Nasional. Ada banyak pahlawan di Indonesia ini, baik yang telah berjuang merebut kemerdekaan Republik Indonesia ataupun juga pahlawan lainnya yang bahkan mungkin kita tidak ketahui. Kali ini, Jawaban.com secara istimewa menyajikan beberapa pahlawan Indonesia dalam bidang tulis menulis yang melahirkan tokoh-tokoh pahlawan di dalam cerita mereka, ini ulasannya.

Bastian Tito

Penulis ini terkenal lewat karya bukunya Wiro Sableng. Dia adalah salah seorang penulis cerita silat asal Indonesia yang lahir pada 23 Agustus 1945, beberapa hari setelah Kemerdekaan Indonesia dan meninggal pada 2 Januari 2006 yang lalu. Dia mulai tekun menulis sejak kelas 3 SD, kemudian menghasilkan buku Wiro Sableng sejak umurnya 22 tahun yaitu tahun 1967. Wiro Sableng atau Pendekar 212 adalah tokoh fiksi yang terkenal dengan senjata Kapak Maut Naga Geni 212 miliknya. Buku ini terkenal di tahun 1990-an dan sampai sekarang ada yang mengoleksinya.

Ganes Thiar Santoso (Ganes TH)

Mungkin namanya asing di telinga kita, namun karyanya sudah tidak asing lagi, Si Buta dari Gua Hantu. Komikus dari Indonesia ini menerbitkan bukunya pada tahun 1967 untuk pertama kalinya. Komik ini salah satu komik silat pertama karya komikus Indonesia yang telah mempopulerkan cerita silat khas Nusantara. Komik ini begitu populer sehingga dijadikan film layer lebar. Ganes lahir pada 10 Juli 1935 dan meninggal di usianya ke-60 tahun.

NH Dini

Pengarang novel bernama lengkap Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin ini lahir di Semarang, 29 Februari 1936 dengan kebudayaan Jawa yang kental meski dia mempunyai darah Bugis. Dia mengaku mulai tertarik menulis sejak kelas tiga SD. Dia menjadi pahlawan dengan tulisan mengenai realita kehidupan, pengalaman pribadi, dan kepekaan terhadap lingkungan. Dia mengatakan bahwa dia akan marah bila mendapati ketidakadilan khususnya ketidakadilan gender yang seringkali merugikan kaum perempuan. Ada yang berpendapat pandangan hidupnya sudah kebarat-baratan karena mungkin mantan suaminya seorang diplomat yang berpindah-pindah negara dan berkebangsaan Perancis. Dialah yang aktif menjangkau anak-anak muda untuk banyak membaca dan tidak hanya keluyuran.

Petruk

Petruk adalah tokoh pewayangan Jawa. Ia seorang ahli dalam bertanding karena itu dia berkelana guna menguji kekuatan dan kesaktiannya. Kemudian seorang dalang mengubah lakon khusus yang penuh lelucon sehingga terdapat banyak sekali lakon-lakon yang menceritakan tokoh Petruk yang menggelikan. Tahun 1960-an, Indonesia menerbitkan dagelan versi komik. Meskipun Indri Soedono yang mengawalinya, namun banyak komikus lain yang mengikutinya seperti Oerip, Rini AS, Leo, Sopoiki, Tjepi, Ricky NS, dan Tatang S.

Raden Ahmad Kosasih

Komikus yang disebut sebagai Bapak Komik Indonesia ini lahir di Bogor pada 1919 dan meninggal pada 24 Juli 2012 lalu. Karya-karyanya terutama berhubungan dengan kesusastraan Hindu dan sastra tradisional Indonesia seperti sastra Jawa dan Sunda, dengan beberapa komik yang memiliki pengaruh Tionghoa. Karyanya yang terkenal adalah Sri Asih (1950) yang bisa dianggap sebagai superhero Indoensia yang pertama, Siti Gahara, Ramayana, dan Mahabaratha.

Mereka adalah para pahlawan Indonesia dalam bidang tulis menulis maupun menggambar yang menceritakan tentang pahlawan tokoh ciptaan mereka. Kita pun bisa berkarya melalui talenta yang sudah Tuhan berikan dan jadi pahlawan di bidang yang kita geluti itu.

 

Baca Juga :

Makan Buah dengan Kulitnya? Cuci Dulu Dengan Ini

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Hilangkan Kebiasaan Mendengkur Dengan 6 Langkah Ini

Pola Allah

Uncharted Territory Don Moen, Sungguh Menginspirasi !

Antar Hutang Budi dan Cinta Pada Pasangan


Mitra CBN

COMMENTS

KONSELING

COUNSELLING

Add Your Comment

Nickname
Email
Comment
  • No comment yet